IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKKAN DATA SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS : SMKN 1 KEDIRI)


Author (Penulis)

Suryani Retno Widyaningrum
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0345

Abstract

ABSTRAK Data kelas X SMKN 1 Kediri melimpah dan belum dimanfaatkan secara maksimal. Belum adanya pengelompokkan data siswa menyebabkan penumpukan data yang dapat mempengaruhi data itu sendiri. Data siswa bisa dimanfaatkan untuk mengetahui perkembangan siswa selama di sekolah. Untuk memudahkan pencarian data siswa, data dikelompokkan menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Algoritma K-Means merupakan algoritma teknik klastering yang berulang-ulang. Algoritma ini dimulai dengan pemilihan secara acak K, yang merupakan banyaknya klaster yang ingin dibentuk. Kemudian tetapkan nilai-nilai K secara random, untuk sementara nilai tersebut menjadi pusat kluster atau biasa disebut dengan centroid/mean. Hitung jarak setiap data yang ada terhadap masing-masing centroid menggunakan rumus yang sudah disediakan hingga diketemukan jarak yang paling dekat dari setiap data dengan centroid. Klasifikasi setiap data berdasarkan kedekatannya dengan centroid. Lakukan langkah tersebut sampai nilai centroid stabil. Hasil akhir program ini adalah terbentuknya 4 kelompok yang menunjukkan bagaimana nilai siswa selama berada di sekolah yang nantinya informasi tersebut akan digunakan untuk memantau perkembangan proses belajar siswa. Kata Kunci:Data Mining, Analisis Data, Clustering, K-Means, Algoritma K-Means Clustering

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI