APLIKASI PEMBENTUKAN KELAS DENGAN K-MEANS CLUSTERING SEBAGAI ALAT BANTU PEMILIHAN SISWA KELAS UNGGULAN DI MAN 3 KEDIRI
Author (Penulis)
Amri Muhammad
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.02.0341
Abstract
ABSTRAK
MAN 3 Kediri merupakan sekolah yang berbasis agama islam yang berada di kota kediri. MAN 3 Kediri miliki sistem pembelajaran yang baik dan salah satunya adalah memiliki program kelas unggulan. Dalam setiap tahunnya MAN 3 Kediri menerima pendaftaran siswa baru dan kelas unggulan menjadi favorit bagi siswa baru. Banyaknya siswa yang memilih kelas unggulan mengakibatkan kesulitan dalam menentukan siswa yang masuk kelas unggulan dan mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuan siswa. Oleh sebab itu diperlukan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat membantu menyeleksi dan mengelompokkan siswa. aplikasi sistem pendukung keputusan ini bertujuan untuk menyeleksi dan mengelompokkan siswa yang sesuai dengan kemampuan dengan menggunakan metode K-Means Clustering.
Siswa yang mendaftar akan mengikuti tes tulis yang mana tes tulis tersebut terdiri dari 5 mata pelajaran yaitu matematika, IPA, bhs Indonesia, Bhs inggris dan Agama. Siswa akan diseleksi berdasarkan nilai yang sudah ditentukan oleh sekolahan dan siswa yang lolos seleksi akan dikelompokkan menggunkan K-Means Clustering menjadi 3 kelas. Dari 3 kelas tersebut akan dientukan nilai centroid secara acak dan dicari nilai yang rendah yang nantinya akan ditempati siswa.
Kesimpulan hasil peneitian ini adalah (1) dari data tesebut didapatkan siswa yang memiliki bakat akan dikelompokkan menjadi satu sesuai dengan kriteria sehingga para guru dapat menyesuaikan pembelajaran didalam kelas berdasarkan siswa tersebut. (2) dari metode tersebut didapatkan pola pengelompokan yang lebih cepat dan akurat sesuai dengan yang dibutuhkan sekolahan.
Kata Kunci : K-Means Clustering, seleksi siswa, pembagian kelas.