IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN PAKET PEMBELIAN (STUDI KASUS : RD SWALAYAN)
Author (Penulis)
Zetrika Ayu Widowati
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.02.0339
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti untuk menghasilkan suatu sistem untuk menentukan paket pembelian di RD Swalayan dimana dapat membantu store manager dalam pembuatan paket pembelian.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana merancang sistem untuk menentukan paket pembelian menggunakan algoritma apriori? (2) Bagaimana membuat program aplikasi sistem untuk membuat paket pembellian menggunakan apriori?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Teknologi Informatika dengan subyek penelitian RD Swalayan. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma apriori menggunakan 2 nilai analisis yaitu minimum support dan confidence yang digunakan untuk menemukan setiap kombinasi item barang dan untuk mengeliminasi pengelompokan barang yang tidak memenuhi minimum support. Dari teknik-teknik yang disebutkan diatas didapatkan frekuensi dan barang-barang yang paling sering muncul bersamaan yang membantu untuk dapat membuat suatu paket pembelian.
Untuk membangun sistem paket pembelian ini dibutuhkan aplikasi notepad++ dan MySQL sebagai datebase server.
Hasil akhir kesimpulan menggunakan nilai confidence yang menggambarkan secara umum hubungan atau keterkaitan antara barang dan implementasi algoritma apriori dapat digunakan untuk menganalisis data transaksi.
Kata Kunci : algoritma apriori, data mining, produk, toko, penjualan