Ryana Dwi Lestari
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.02.0291
Abstract
Mesin tidak bisa dipisahkan dari yang namanya kerusakan dan juga perawatan secara berkala.
Perawatan berkala sendiri pada motor honda dapat dilakukan di salah satu bengkel resmi bernama
AHASS Setia Kawan Motor. Dalam proses servis pihak bengkel memberikan informasi mengenai
waktu pengambilan kendaraan bermotor kepada pelanggan, tetapi pada kenyataanya waktu
pengambilan kendaraan bermotor tersebut tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan pihak
bengkel kepada pelanggan. Adanya ketidaksesuaian informasi yang disampaikan oleh pihak bengkel
kepada pelanggan tersebut membuat pelanggan merasa tidak nyaman karena harus menunggu waktu
pengembalian kendaraan yang tidak pasti.
Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Naive
Bayes Classifier. Naive Bayes Classifier merupakan pengklasifikasian dengan metode probabilitas dan
statistik yaitu memprediksi peluang di masa depan berdasarkan pengalaman dimasa sebelumnya.
Dengan menggunakan Metode Naive Bayes data yang tersimpan dapat dikelola dan menghasilkan
informasi yang lebih berguna. Dalam hal ini penggunaan Metode Naive Bayes digunakan dalam
memprediksi lama pengerjaan servis berkala pada kendaraan bermotor.
Penelitian ini memberikan hasil berupa informasi waktu servis yang berguna sehingga dapat
dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan lebih lanjut mengenai faktor yang
mempengaruhi pengerjaan servis berkala kendaraan bermotor. Sehingga tingkat kepuasan pelanggan
terhadap pengerjaan servis berkala tidak menurun.