PENERAPAN METODE RREND MOMENT DALAM PENJUALAN MOTOR PT. MPM PARE
Author (Penulis)
ISNA SELY APRILYANA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.02.0287
Abstract
ABSTRAK
Isna Sely Aprilyana Sari : Penerapan Metode Trend Moment Dalam Penjualan Motor Honda PT. MPM Pare, Skripsi, TI, FT UN PGRI Kediri, 2018.
Secara umum permasalahan yang sering muncul dalam perdagangan motor PT. MPM Pare adalah kurang tepatnya perhitungan hasil penjualan motor yang dilakukan secara manual. Pemilik usaha kesulitan dalam menentukan persediaan motor setiap periodenya, sehingga pemilik usaha sering mengalami kerugian dalam penjualan.
Dengan adanya prediksi akan memberi dampak terhadap hasil penjualan motor PT. MPM Pare. Prediksi tersebut sangat berpengaruh pada penjualan motor untuk menentukan jumlah motor yang akan dijual, apabila persediaan motor dalam jumlah yang cukup banyak dan ternyata penjualan motor tersebut hanya terjual sedikit.
Metode Trend Moment digunakan dalam prediksi Penerapan Penjualan Motor Honda PT. MPM Pare. Prediksi penjualan menggunakan data yang sudah ada selama 1 tahun, dengan data tersebut bisa diperoleh siklus penjualan motor yang akan dijadikan acuan sistem prediksi ini.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Dalam kasus ini metode Trend Moment bisa untuk memprediksi penjualan motor PT.MPM Pare dan mampu mengukur perkiraan hasil prediksi penjualan yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk permintaan mendatang. (2) Sistem yang telah dibuat mengacu pada permasalahan yang ada, dimana sistem dapat memprediksi penjualan motor dengan menggunakan data penjualan motor pada bulan-bulan sebelumnya sesuai dengan perhitungan berdasarkan metode Trend Moment.
Kata Kunci : prediksi, PT. MPM Pare,Trend Moment.