MENENTUKAN KARAKTERISTIK KECERDASAN SISWA MENGGUNAKAN METODE TAKAGI – SUGENO - KANG


Author (Penulis)

ACHMAD SOFYAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0220

Abstract

Seorang anak dapat mengembangkan berbagai kecerdasan jika mempunyai faktor keturunan dan dirangsang oleh lingkungan terus menerus. Orang tua yang cerdas anaknya cenderung akan cerdas pula jika faktor lingkungan mendukung pengembangan kecerdasannya sejak di dalam kandungan,masa bayi dan balita. Walaupun kedua orang tuanya cerdas tetapi jika lingkungannya tidak menyediakan kebutuhan pokok Untuk pengembangan kecerdasannya,maka potensi kecerdasan anak tidak akan berkembang optimal.. Dari permasalahan di atas, maka perlu dilakukan sebuah penelitian untuk menentukan karakteristik kecerdasan siswa, sehingga lembaga pendidikan seperti sekolah dasar akan memudahkan guru tindakan untuk menentukan karakteristik kecerdasan siswanya tersebut. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy takagi-sugeno-kang dengan obyek penelitian di SDN Kaliboto 3. Dalam penelitian yang akan dilakukan tahap pengumpulan data ciri. Data yang terkumpul akan menjadi sebuah data. Dan dari data tersebut akan dilakukan pengolahan data (perhitungan data) dan di sub bab kan tiap karakter masing masing kecerdasan menggunakan metode Fuzzy takag-sugeno-kangAplikasi yang dibangun berbasis desktop, yang akan dikembangkan dengan menggunakan java dan MySQL sebagai database. Kata Kunci : Metode Fuzzy takagi-sugeno-kang, , Kecerdasan, karakteristik, anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI