MENENTUKAN KARAKTERISTIK KECERDASAN SISWA MENGGUNAKAN METODE TAKAGI – SUGENO - KANG
Author (Penulis)
ACHMAD SOFYAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.02.0220
Abstract
Seorang anak dapat mengembangkan berbagai kecerdasan jika mempunyai faktor keturunan dan dirangsang oleh lingkungan terus menerus. Orang tua yang cerdas anaknya cenderung akan cerdas pula jika faktor lingkungan mendukung pengembangan kecerdasannya sejak di dalam kandungan,masa bayi dan balita. Walaupun kedua orang tuanya cerdas tetapi jika lingkungannya tidak menyediakan kebutuhan pokok Untuk pengembangan kecerdasannya,maka potensi kecerdasan anak tidak akan berkembang optimal.. Dari permasalahan di atas, maka perlu dilakukan sebuah penelitian untuk menentukan karakteristik kecerdasan siswa, sehingga lembaga pendidikan seperti sekolah dasar akan memudahkan guru tindakan untuk menentukan karakteristik kecerdasan siswanya tersebut. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy takagi-sugeno-kang dengan obyek penelitian di SDN Kaliboto 3. Dalam penelitian yang akan dilakukan tahap pengumpulan data ciri. Data yang terkumpul akan menjadi sebuah data. Dan dari data tersebut akan dilakukan pengolahan data (perhitungan data) dan di sub bab kan tiap karakter masing masing kecerdasan menggunakan metode Fuzzy takag-sugeno-kangAplikasi yang dibangun berbasis desktop, yang akan dikembangkan dengan menggunakan java dan MySQL sebagai database.
Kata Kunci : Metode Fuzzy takagi-sugeno-kang, , Kecerdasan, karakteristik, anak.