APLIKASI PENILAIAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

JOKO PRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0219

Abstract

ABSTRAK Joko Prianto: Aplikasi Penilaian Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Program Studi Teknik Informatika, Skripsi, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, UN PGRI Kediri, 2016. Program Studi Teknik Informatika Fakutas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri adalah salah satu program studi yang paling banyak mempunyai jumlah mahasiswa yang aktif di Fakultas Teknik. Keberhasilan Program Studi sebagai unit kerja dalam perguruan tinggi sangat ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang baik dapat memberikan kenyamanan dalam aktivitas mahasiswa yang ada dikampus. Namun ada beberapa keluhan-keluhan dari mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan dianggap kurang bagi mahasiswa dan mahasiswa sangat sulit menyampaikan aspirasinya terhadap pelayanan program studi teknik informatika karena tidak adanya suatu sistem yang berfungsi sebagai jembatan dalam menyampaikan kepuasan mahasiswa terhadap layanan program studi teknik informatika. Untuk memberikan solusi kepada mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya kepada kepala program studi, maka dibangunlah suatu sistem yang dapat digunakan untuk memberikan penilaian terhadap pelayanan dengan mengimplementasikan metode Importance Performance Matrix. Importance Performance Matrix adalah salah satu metode yang digunakan untuk menghitung nilai kepuasan dari sebuah kusioner untuk menentukan seberapa tinggi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan prodi teknik informatika. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah ada 2 pelayanan yang mempunyai nilai rendah, yang pertama yaitu rasa percaya mahasiswa bahwa peneyelesaian yang dijanjikan akan segera dipenuhi dengan presentase 18,8% dan yang kedua kesabaran petugas dalam memberikan pelayanan presentase 33,57%. Sementara ada 2 pelayanan yang mempunyai nilai kepuasan tinggi, yang pertama adalah kemudahan memperoleh informasi bagi bagi mahasiswa dengan 33,57% dan yang kedua adalah kesopanan sikap tugas yang diberikan dengan presentase 33,36% dari 100 responden. Dengan hasil dari aplikasi ini, peneliti berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh program studi dalam melakukan evaluasi terhadap pelayanan yang dianggap kurang memenuhi tingkat kepuasannya. Kata kunci : Importance Performance Matrix, Layanan, Kusioner Online, Kepuasan Mahasiswa, Teknik Informatika, Universitas Nusantara Pgri Kediri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-02

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI