GAME EDUKASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

Arifudin Zusuf
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0218

Abstract

Pengenalan teknologi komputerisasi sejak dini diharapkan anak akan terbiasa dengan teknologi komputerisasi dikemudian hari. Dimulai dengan sistem pembelajaran yang tepat dan menarik maka anak akan senang untuk belajar ilmu pengetahuan dengan cepat. Dengan pembelajaran yang cepat dan efektif maka anak akan memiliki perkembangan pemikiran dan kecerdasan secara optimal. Bagaimana membuat suatu aplikasi yang terkomputerisasi dan terintegrasi, sehingga dapat menciptakan minat belajar yang lebih tinggi serta memajukan perkembangan pemikiran, kebiasaan dan kecerdasan secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Reserch and Development yang menggunakan tahapan penelitian (1) analisa kebutuhan, (2) desain, (3) implementasi, (4) validasi, (5) revisi I, (6) uji coba program, dan (7) revisi II. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa game edukasi ini layak digunakan dikalangan umum dengan batasan pengguna anak kelas 4 Sekolah Dasar. Game edukasi untuk anak tingkat sekolah Dasar yang berbasis aplikasi desktop ini dirancang menggunakan RPG maker VX Ace. Dengan adanya aplikasi game ini menambah variasi siswa Sekolah Dasar untuk pembelajaran, mempermudah dan memahami pelajaran yang terkait game tersebut. Pengembangan game edukasi untuk anak tingkat Sekolah Dasar ini mengandung unsur edukasi, strategi, dan adventure

.

Kata Kunci: Game, IPA, Sekolah Dasar, RPG maker vx ace


Keyword

a

Reference

Andang, I. 2006. Education Games. Yogyakarta : Pilar Media.

Elistiana S, Andriyani, Bhagas N. 2015. Game Perjuangan Berbasis RPG Di Platform Dekstop. Bandung : Universitas Telkom.

Hermawan, R. 2014. Pembuatan Game The Story : Static Network Menggunakan RPG Maker Vx Ace. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Handriyantini, Eva. 2009. Permainan Edukatif (Edukational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang.

Ismail, A. 2009. Education Games. Yogyakarta : Pro-U Media.

Sucipto, Andry. 2010. Ruby On Rails Developer.  Tersedia : http;//mursinah. wordpress .com (diakses, 18 maret 2017)

Suindarti. 2011. Game Edukasi Meningkatkan Daya Ingat Anak Bermain Bersama Dido Dengan Macromedia Director. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Sunyoto. 2011. Pengembangan software aplikasi game edukasi perancangan pembangunan untuk pembelajaran siswa dasar dan menengah. Semarang : Fakultas Teknik Negeri Semarang.

Surati, S. 2014. Strategi Pembangunan Game Edukasi Berbasis Desktop Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 6 No 1 – 2014 – speed.web.id

Usdiati, Entit. 2010. Game sebagai Media Pendidikan. Jurnal Program Khusus Desain Game Teknologi FSRD-ITB Bandung.

Wahyono, Nurachmadani. 2008. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI