PENERAPAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA PEMILIHAN MOBIL BARU MERK TOYOTA


Author (Penulis)

Indah Yuliani
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0216

Abstract

ABSTRAK Indah Yuliani: Penerapan metode AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) pada pemilihan mobil baru merk TOYOTA,Skripsi,Teknik Informatika, Fakultas Teknik UNPKediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi darihasil pengamatan bahwa calon konsumen pembeli mobil baru merk TOYOTA kadang membutuhkan saran mobil apa yang harus mereka beli. Karena setiap tahun pabrikan TOYOTA selalu membuat perubahan mulai dari desain interior, jenis mobil dengan modifikasi sesuai dengan kebutuhan konsumen, tingkat keiritan maupun harga. Dengan dikeluarkanya tipe terbaru oleh pabrikan mobil tersebut, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memilih kendaraan sesuai selera. Namun kelemahanya semakin banyak pilihan yang mereka tentukan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana cara merancang dan membuat aplikasi untuk pemilihan mobil merk TOYOTA mmenggunakan metode AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)? (2) Bagaimana menerapan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) pada aplikasi pemilihan mobil yang sesuai dengan keinginan konsumen? Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu sistem pengambilan keputusan dengan metode AHP (Analitical Hierarchy Process) untuk menentukan produk mana yang akan dipilih konsumen berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan, dan untuk membantu konsumen untuk menganalisis produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Pada aplikasi ini terdapat inputan pilihan kriteria untuk membandingkan kriteria mana yang lebih penting dari kriteria pendukung lainya. Setelah kriteria terpenting diperoleh langkah selanjutnya adalah memilih perbandingan antara kriteria dengan sub kriteria. Untuk mendapatkan hasil dari perhitungan sistem pemilihan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan metode AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) Kesimpulan hasil penelitian ini adalah setelah menggunakan sistem pemilihan mobil dengan menggunakan metode AHP (ANALYICAL HIERARCHY PROCESS) konsumen dapat menggetahui saran menggenai mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan untuk membantu konsumen dengan memberikan saran mobil yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Serta konsumen dapat melihat dan menganalisa mobil yang sesuai keinginan dan kebutuhan sebelum membeli. Kata kunci:Pemilihan Mobil, Metode AHP, SPK.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI