PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN MAKANAN RINGAN (Studi Kasus: Toko Pak Herry Templek - Gadungan)


Author (Penulis)

Viiki Oktaviana
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0192

Abstract

Viiki Oktaviana: Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Strategi Penjualan Makanan Ringan (Studi Kasus: Toko Pak Herry Templek - Gadungan). Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan peneliti, bahwa penentuan persediaan barang hanya melihat barang yang habis saja tanpa mempertimbangkan barang mana yang lebih laku terjual dan barang mana yang lakunya lambat. Akibatnya terjadi penumpukkan barang yang tidak terjual atau kadaluarsa di gudang pemilik toko dan sebaliknya barang yang dibutuhkan konsumen sering terjadinya kekosongan. Untuk itu diperlukan cara mengelola persediaan barang yang lebih baik dengan memanfaatkan data transaksi penjualan untuk penentuan stok barang dengan konsep data mining. Data mining yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah Association rule dengan Algoritma Apriori. Teknik asosiatif ini bisa digunakan untuk menentukan pilihan yang terbaik dari beberapa macam alternatif yang tersedia, karena algoritma apriori akan membentuk frequent itemset sebanyak yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua parameter yaitu support dan confidence. Sehingga akan diketahui barang yang sering terjual atau laku keras dan barang yang kurang laku. Hasil dari proses algoritma apriori pemilik toko dapat menentukan strategi penjualan meliputi penempatan produk di dalam toko, menyediakan stok barang yang lebih banyak untuk produk yang saling berkaitan dan untuk menyusun paket bonus bagi para pembeli. Penelitian ini menggunakan kombinasi 3 itemset dalam perhitungannya. Dari proses aplikasi diperoleh dari perhitungan apriori dengan sample barang 104 dan transaksi penjualan sebanyak 101 nota, dengan nilai support 5% dan confidence 10% maka diperoleh hasil analisis apriori: jika membeli "Sedap Goreng" maka akan membeli "Roti Surya" dengan Supp 6,93% dan Conf 46,67% dan Final Association Rule 3,23% . Hasil hubungan keterkaitan antar barang, dapat dijadikan solusi dari permasalahan yang ada. Kata Kunci: Association Rule, Asosiatif, Confidence.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI