Implementasi Aplikasi Pengenalan Tanda Tangan Wali Murid Di Smk Karya Wates Menggunakan Metode Minkowski Distance


Author (Penulis)

Ade Siahaan
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0137

Abstract

ADE SIAHAAN : Implementasi Aplikasi Pengenalan Tanda Tangan Wali Murid Di Smk Karya Wates Menggunakan Metode Minkowski Distance, Skripsi, Teknik Informatika, FT UNP Kediri 2019.

         Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian dan pengamatan bahwa Perkembangan teknologi  berdampak negatif pada remaja yang berstatus sekolah. Dampaknya terjadi di SMK Karya Wates dimana anak sering bolos, pihak sekolah berupaya memberikan hukuman berupa pemanggilan wali murid, membuat surat pernyataan ,tetapi tidak jarang pihak sekolah menemukan kejanggalan berupa manipulasi tanda tangan yang digunakan untuk membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh pihak wali murid. Berdasarkan latar belakang, peneliti mengajukan rumusan masalah bagaimana mengetahui tingkat kemiripan tanda tangan dengan menggunakan metode Minkowski Distance.

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Rekayasa Teknologi Informasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian tanda tangan wali murid kelas X-Multimedia SMK Karya Wates Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data berupa data tanda tangan dan mengambil data training sebanyak 30x. Data yang diambil akan dikonversi ke bentuk grayscale dan ke deteksi tepi. Hasil dari konversi dibagi menjadi partisi. Langkah akhir adalah partisi dihitung menggukan minkowski distance untuk mencari jarak terdekat.

         Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Sistem Identifikasi Tanda Tangan Menggunakan Metode Minkowski Distance telah berhasil dibuat dan sudah di uji cobakan. Aplikasi dapat berjalan sesuai dengan perancangan sistem yang telah dibuat. (2) Hasil identifikasi, aplikasi tidak dapat mengenali semua tanda tangan yang diujikan. (3) Semakin banyak input data training maka semakin akurat sistem pengenalan pola tanda tangan. (4) Jumlah partisi juga berpengaruh terhadap akurasi pengenalan pola. Semakin banyak pembagian partisi maka semakin akurat sistem.

 

Kata kunci : Minkowski Distance, Kemiripan Tanda Tangan


Keyword

minkowski distance, Kemiripan Tanda Tangan.

Reference

Bagus, aditya, .Hidayatno,Achmad, Ajud Ajulian Zahra. Sistem Pengenalan Buah Menggunakan Metode Diskrit Consine Transform Dan Minkowski Distance. Jurusan teknik elektro, Semarang: Universitas Diponegoro.

Bihadi, Nasikin, S.Kom. 2015. Aplikasi Pengenalan Logo Kabupaten Kota di Jawa Timur. Jurusan teknik Informatika, Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Hayatunnufus Annisa, Andrizal,MT , Yendri Dodon,M.Kom. Pendeteksi Dan Verifikasi Tanda Tangan Menggunakan Metode Image Domain Spasial. Padang: Politeknik Negeri Padang.

Hery, Mauridi, P., Mutansa, Arif. 2010. Konsep pengolahan Citra digital dan Ekstrasi Fitur. Yogyakarta: Graha Ilmu. (Edisi  ke-1, cetakan ke-1).

T., Sutoyo, S.Si., M.Kom., Mulyanto, Edy, S.Si., M.Kom. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi Yog

 


PUBLISHED

2019-07-27

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade