implementasi data mining pengelompokan murid taman kanak-kanak dengan metode k-means


Author (Penulis)

YOYOK BAGUS SAKSIKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0132

Abstract

Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan usia dini(yakni usia 6 tahun atau dibawahnya)dalam bentuk pendidikan formal.Untuk memudah pengajaran kelas dapat dibagi menjadi 2 .Banyak cara yang dilakukan untuk menentukan pembagian murid yang sesuai dengan kelas .Salah satu cara dengan menggunakan suatu metode data mining, yaitu K-MEANS. K-means merupakan salah satu algoritma clustering . Tujuan algoritma ini yaitu untuk membagi data menjadi beberapa kelompok. Algoritma ini menerima masukan berupa data tanpa label kelas. Dengan metode ini murid bisa masuk kelas yang sesuai. Hasil dari penelitian ini merupakan perhitungan untuk menentukan pilihan murid taman kanak-kanak masuk kelas A atau B. Sesuai dengan kebutuhan. Kata kunci : Taman kanak-kanak, Data mining, K-means.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-03

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI