implementasi data mining pengelompokan murid taman kanak-kanak dengan metode k-means
Author (Penulis)
YOYOK BAGUS SAKSIKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.02.0132
Abstract
Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan usia dini(yakni usia 6 tahun atau dibawahnya)dalam bentuk pendidikan formal.Untuk memudah pengajaran kelas dapat dibagi menjadi 2 .Banyak cara yang dilakukan untuk menentukan pembagian murid yang sesuai dengan kelas .Salah satu cara dengan menggunakan suatu metode data mining, yaitu K-MEANS.
K-means merupakan salah satu algoritma clustering . Tujuan algoritma ini yaitu untuk membagi data menjadi beberapa kelompok. Algoritma ini menerima masukan berupa data tanpa label kelas. Dengan metode ini murid bisa masuk kelas yang sesuai.
Hasil dari penelitian ini merupakan perhitungan untuk menentukan pilihan murid taman kanak-kanak masuk kelas A atau B. Sesuai dengan kebutuhan.
Kata kunci : Taman kanak-kanak, Data mining, K-means.