Aplikasi Penilaian Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sarana dan Prasarana dengan Metode Importance Performance Matrix (Studi Kasus Kampus 2 Universitas Nusantara PGRi Kediri)


Author (Penulis)

Mei Yuda Prasetyo Utomo
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0069

Abstract

ABSTRAK Mei Yuda Prasetyo Utomo: Aplikasi Penilaian Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sarana dan Prasarana dengan Metode Importance Performance Matrix (Studi Kasus Kampus 2 Universitas Nusantara PGRI Kediri), Skripsi, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, UN PGRI Kediri, 2016. Kampus 2 Universitas Nusantara PGRI Kediri mempunyai banyak fasilitas, yaitu kelas, toilet, parkiran, kantin, mushola dan gazebo. Fasilitas ini dapat memberikan kenyamanan dalam aktivitas mahasiswa yang ada dikampus 2. Namun ada beberapa fasilitas yang dianggap kurang bagi mahasiswa dan mahasiswa sangat sulit menyampaikan aspirasinya terhadap sarana dan prasarana karena tidak adanya suatu sistem yang berfungsi sebagai jembatan dalam menyampaikan kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana yang ada di kampus 2. Untuk memberikan solusi kepada mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya ke pihak kampus, maka dibangunlah suatu sistem yang dapat digunakan untuk memberikan penilaian terhadap sarana dan prasarana dengan mengimplementasikan metode importance performance matrix. fasilitas Importance Performance Matrix adalah salah satu metode yang digunakan untuk menghitung nilai kepuasan dari sebuah kusioner untuk menentukan seberapa tinggi kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana. Fasilitas yang di nilai dalam sistem ini adalah tempat parkir, kantin, gezebo, kelas, toilet dan mushola. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah ada 2 sarana dan prasarana yang mempunyai nilai rendah, yang pertama yaitu fungsi kipas angin pada kelas dengan presentase 18,8% dan yang kedua adalah kebersihan gazebo dengan presentase 27,3% dari fasilitas gazebo. Sementara ada 2 sarana dan prasarana yang mempunyai nilai kepuasan tinggi, yang pertama adalah lampu penerangan mushola dengan presentase 33,57% dari fasilitas mushola dan yang kedua adalah air tempat wudlu di mushola dengan presentase 33,36% dari 100 responden. Dengan hasil dari aplikasi ini, peneliti berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh pihak universitas dalam melakukan evaluasi terhadap sarana dan prasarana yang dianggap kurang memenuhi tingkat kepuasannya. Kata kunci : Importance Performance Matrix, Sarana dan Prasarana, Kusioner Online, Kepuasan Mahasiswa, Universitas Nusantara Pgri Kediri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI