Aplikasi Game Edukasi Untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar


Author (Penulis)

Adi Joko Purnomo
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.02.0006

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh betapa pentingnya pembelajaran Komputer terhadap anak tingkat sekolah dasar, karena dengan pengenalan teknologi komputerisasi sejak dini maka anak akan terbiasa dengan teknologi komputerisasi dikemudian hari. Dengan sistem pembelajaran yang tepat dan menarik maka anak akan senang untuk belajar ilmu pengetahuan dengan cepat. Sistem pembelajaran yang tepat dan efektif akan membuat anak memiliki perkembangan pemikiran dan kecerdasan secara optimal. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana membuat suatu aplikasi yang terkomputerisasi dan terintegrasi yang dapat menarik minat belajar dan memberikan keefektifan sistem pembelajaran terhadap anak tingkat sekolah dasar tentang teknologi komputerisasi dan kebiasaan mengoperasikan sebuah perangkat komputer sejak dini, sehingga dapat menciptakan minat belajar yang lebih tinggi serta memajukan perkembangan pemikiran, kebiasaan dan kecerdasan secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Reserch and Development yang menggunakan tahapan penelitian (1) analisa kebutuhan, (2) desain, (3) implementasi, (4) validasi, (5) revisi, (6) uji coba produk, dan (7) Revisi II. Tahap analisa kebutuhan mencangkup materi dan spesifikasi kebutuhan hardware dan software. Tahap disain meliputi desain alur cerita, dan tokoh dalam game. Tahap implimentasi adalah tahap pewujudan desain kedalam produk sesungguhnya. Tahap validasi dilakukan dengan menilai game yang telah dirancang dan dibuat yang kemudian ditentukan kelayakannya oleh para ahli untuk mendapat kritik dan saran perbaikan. Tahap revisi dilakukan dengan memperbaiki game sesuai dengan saran para ahli. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan langsung dalam pembelajaran peserta didik. Pengujian penelitian menggunakan ahli materi dan ahli media pembelajaran serta siswa. Demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini layak digunakan dikalangan umum dengan batasan pengguna anak sekolah dasar. Game edukasi untuk anak tingkat sekolah dasar yang berbasis aplikasi destop ini dirancang menggunakan RPG maker VX. Dengan adanya aplikasi game ini akan menambah variasi siswa sekolah dasar untuk pembelajaran, memper mudah dan memahami pelajaran yang terkait game tersebut. Pengembangan game edukasi untuk anak tingkat sekolah dasar ini mengandung unsur edukasi, strategi, dan adventure. KATA KUNCI : Game, Edukasi, Sekolah Dasar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-02

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI