PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR PADA TEMPERATUR 45 C, 50 C DAN 55 C TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN


Author (Penulis)

FAJAR OCTAVIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.01.0122

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Pada Temperatur 45ºC, 50ºC, 55ºC Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Motor Bensin, Fajar Octavianto, Jln. Perintis Kemerdekaan Kota Kediri, Teknik Mesin, Fakultas Teknik UN PGRI Kediri, 2017. Penilitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa tingginya konsumsi bahan bakar dan kadar polusi dari kendaraan bermotor pada dasarnya dapat dikendalikan dan dikurangi. Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki proses pembakaran yang terjadi dengan memanaskan bahan bakar terlebih dahulu agar memperoleh konsumsi bahan bakar yang diinginkan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pemanasan bahan bakar pada temperatur 45ºC, 50ºC, 55ºC pada konsumsi bahan bakar motor bakar?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan merupakan jenis penelitian kuantitatif. Eksperimen merupakan suatu test atau deretan test untuk melihat pengaruh perubahan variabel input dari suatu proses atau sistem terhadap variabel respon atau variabel output yang diamati. Hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA secara manual. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan data penelitian pada temperatur 45?C mengkonsumsi bahan bakar jauh lebih banyak dengan catatan waktu 1161,48 kg/jam hal ini dikarenakan campuran kurang homogen dari normalnya (campuran gemuk). (2) Berdasarkan data penelitian pada temperatur 50?C mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit dibandingkan temperatur 45?C dengan catatan waktu 509,99 kg/jam hal ini dikarenakan campuran menjadi homogen (sama). (3) Berdasarkan data penelitian pada temperatur 55?C mengkonsumsi bahan bakar paling sedikit dibandingkan temperatur sebelumnya dengan catatan waktu 502,23 kg/jam hal ini dikarenakan campuran lebih homogen (sama). Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan bahwa untuk mendapatkan nilai konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit dipilih temperatur yang bisa membuat campuran bahan bakar homogen (sama). Disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk menguji faktor lain yang dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, sehingga konsumsi bahan bakar bisa sedikit mungkin. Kata Kunci : variasi temperatur, rpm dan konsumsi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI