PENGARUH VARIASI POSISI RING JARUM THROTTLE TERHADAP TORSI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR HONDA TYPE NF 100TD


Author (Penulis)

AHMAD AKHLIS WAHIDIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.01.0114

Abstract

ABSTRAK Ahmad Akhlis W : Pengaruh Variasi posisi Ring Jarum Throttle Terhadap Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Honda type NF 100TD, Skripsi, Teknik Mesin, Fakultas Teknik UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih tingginya peminat motor berkarburasi utamanya para modifikator sepeda motor. Upaya modifikasi tersebut tidak lain bertujuan untuk mendapatkan performa mesin di atas rata-rata standart. Ragam cara yang bisa dilakukan oleh modifikator salah satunya dengan memvariasikan ring jarum throttle agar memperoleh torsi ataupun konsumsi bahan bakar yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh torsi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda type NF 100TD pada perlakuan variasi posisi ring jarum throttle dengan variasi posisi 1-5 di putaran mesin 2700 rpm, 3200 rpm, 3700 rpm dan 4200 rpm. Pengujian torsi dan konsumsi bahan bakar ini menggunakan alat dynotest chassis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan merupakan jenis penelitian kuantitatif. Eksperimen merupakan suatu test atau deretan test untuk melihat pengaruh perubahan variabel input dari suatu proses atau sistem terhadap variabel respon atau variabel output yang diamati. Hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA secara manual. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai torsi terbesar yaitu (1) pada putaran mesin 2700 sebesar 20,16 kgm. (2) Torsi maksimal pada variasi posisi ring 5 dengan 36 kgm. (3) rata-rata torsi terendah pada putaran mesin 4200 sebesar 15 kgm dan pada variasi posisi ring 2 sebesar 21 kgm. (4) Variasi posisi ring tidak berpengaruh signifikan terhadap torsi. (5) Variasi posisi ring berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar spesifik. (6) Pada variasi posisi 1 sebesar 0,1905 kg/kWh, pada variasi posisi 2 sebesar 0,1948 kg/kWh, pada variasi 3 sebesar 0,3010 kg/kWh, pada variasi posisi 4 sebesar 0,3238 kg/kWh dan variasi posisi 5 sebesar 0,3664 kg/kWh. Kata kunci: Variasi posisi ring, torsi dan konsumsi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI