Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Tak Dengan Knalpot Berkatalis Limbah Pembubutan Besi Karbon (Geram Carbon Steel) Berlapis Briket Arang Batok Kelapa
Author (Penulis)
NOVIAN EKA CANDRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.01.0090
Abstract
MENGURANGI EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR 4 TAK DENGAN KNALPOT BERKATALIS LIMBAH PEMBUBUTAN BESI KARBON (Geram Carbon Steel) BERLAPIS BRIKET ARANG BATOK KELAPA
NOVIAN EKA CANDRA
NPM.12.1.03.01.0090
FAKULTAS TEKNIK – TEKNIK MESIN
Email: Candranovian89.cn@gmail.com
Fatkur Rhohman, M.Pd dan Hesti Istiqlaliyah, ST., M.Eng
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi berdasarkan pengalaman bahwa bau asap atau dari emisi gas buang yang di hasilkan dari sepeda motor sangat mengganggu pernafasan . Akibatnya berdampak pada kwalitas udara ang buruk. Permasalahan penelitian ini adalah bahwa gas buang dari kendaraan bermotor sangat berbahaya bagi lingkungan dan kelangsungan hidup manusia karena menjadi faktor utama penyebab pemanasan global . Semakin tinggi angka polutan yang mencemari udara maka semakin tinggi pula angka kematian yang di sebabkan oleh kwalitas udara yang buruk.
Penelitian ini bertujuan ntuk mengurangi kandungan berbahaya dari emisi gas buang pada kendaraan bermotor, dengan cara menambahkan katalis pada saluran knalpot . Pada sistem kerja emisi gas buang dari exhaust manifold dapat merubah emisi gas buang yang berbahaya sehingga mengeluarkan ouput yang aman bagi lingkungan.
Penelitian menggunakan metode eksperimental dan merupakan penelitian kuantitatif yaitu memaparkan secara jelas hasil eksperimen di tempat penelitian terhadap sejumlah benda uji dengan variasi rpm 1000,2000,3000,4000 dan 5000 , kemudian analisis datanya dengan menggunakan angka – angka yang dicantumkan dalam tabel dan grafik.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : terbentuknya rancangan knalpot dengan menggunakan pipa berkatalis. Kandungan gas buang yang keluar setelah pembakaran bahan bakar dari sepeda motor mampu di bakar kembali dan di kurangi oleh knalpot berkatalis . Pada rpm 1000 , 2000 , 3000 , 4000 dan 5000 knalpot mampu membakar kembali , mengurangi dan menurunkan gas C02 (0,52%) , HC (75.000 ppm) , 02 , ( 13,5% ) dan CO ( 0,37 ) .
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengubah arah aliran gas buang dan menggunakan bahan – bahan lain agar lebih efisien dari yang sudah diteliti. (2) Dengan penelitian ini masyarakat disarankan untuk menggunakan knalpot berktalis pada knalpot kendaraan yang dipakai agar dapat meningkatkan kualitas udara di lingkungan.
Kata kunci: Knalpot Katalis , emisi gas buang , geram carbon steel berlapis briket arang batok kelapa.