ANALISIS SISTEM PREVENTIVE MAINTENANCE DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE PADA MESIN ALAT BERAT VIBRATROLY ROLLER DI PT. KEDIRI PUTRA


Author (Penulis)

CUCUK SUPRASTYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.01.0032

Abstract

PT. Putra Kediri merupakan salah satu perusahan yang bergerak di bidang kontruksi. Salah satunya adalah pemborongan pembangunan jalan-jalan raya, jalan tol, jembatan, bangunan dan lain sebagainya. Saat ini proyek yang sedang di jalankan PT. Kediri Putra kebanyakan merupakan pembangunan jalan raya. Sehingga alat-alat operasional yang di terjurkan di lapangan adalah mesin-mesin alat berat seperti, excavator, truk, vibratroly roller, dan lainnya. Lamanya penyelesaian proyek maksimum 1 tahun memerlukan perawatan mesin yang tepat untuk menjaga keandalan mesin. Tujuan dari system perawatan mesin ini adalah Untuk mengetahui komponen-komponen yang mengalami downtime dan mengetahui tingkat keandalan sistem perawatan mesin alat berat vibratroly roller dengan sistem preventive maintenance.Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang di lakukan di Bengkel PT. Kediri Putra. Prosedur dalam penelitian ini dengan menggunakan metode studi literature dan observasi terhadap sistem perawatan preventive maintenance. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa: 1) komponen-komponen yang mengalami downtime adalah pompa hidrolik, pelumasan oil, selang hidrolik, dan filter oil hidrolik; 2) Komponen Pompa hidrolik memiliki rata-rata waktu downtime (MTTR) 1.17 jam, rata-rata interval waktu antar kerusakan (MTTF) dengan keandalan suku cadang 48.65%; 3) Komponen pelumasan oil memiliki rata-rata waktu downtime (MTTR) 1.75 jam, rata-rata interval waktu antar kerusakan (MTTF) dengan keandalan suku cadang 43.53%; 4) Komponen selang hidrolik memiliki rata-rata waktu downtime (MTTR) 14.69 jam, rata-rata interval waktu antar kerusakan (MTTF) dengan keandalan suku cadang 40%; 5) Komponen Pompa hidrolik memiliki rata-rata waktu downtime (MTTR) 1.36 jam, rata-rata interval waktu antar kerusakan (MTTF) dengan keandalan suku cadang 46.15%.


Keyword

Centered Maintenace, vibratroly roller

Reference

Simanungkalit, dkk. 2016. Perencanaan Sistem Perawatan Alat Angkat Kapasitas 5 Ton Dengan Metode Preventive Maintenance di PT. TRI KARYA ALAM. Jurnal Teknik Industri No.1 Vol. 4. Juni ISSN 2301-7244. Riau: universitas riau.

Sugiono, 2014. Metode Penelitian Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syahruddin. 2016. Analisis Sistem Perawatan Mesin Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Sebagai Dasar Kebijakan Perawatan yang Optimal di PLTD “X”. Jurnal Teknologi Terpadu No. 1 Vol. 1. Oktober ISSN 2338-6649. Balikpapan: Politeknik Negeri Balikpapan.

Tampubolon P, Manahan. 2004. Manajemen Operasional. Jakarta: Galia Indonesia.


PUBLISHED

2019-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade