ANALISA VARIASI DERAJAT PENGAPIAN DAN JENIS BAHAN BAKAR TERHADAP PEFORMA MESIN PADA SEPEDA MOTOR MATIK 110 CC


Author (Penulis)

YOGI TANGGI YOHANDIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.01.0030

Abstract

ABSTRAK

 

Yogi Tanggi Yohandika: Analisa Variasi Derajat Pengapian Dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Performa Mesin Pada Sepeda Motor Matik 110cc, Skripsi, Teknik Mesin, FT UN PGRI Kediri, 2019.

 

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya modifikasi pada kendaraan dilakukan dengan mengganti part di bagian sistem pengapiannya sehingga merubah struktur yang sudah ditetapkan pabrik. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan analisa tentang pengaruh variasi derajat pengapian dan jenis bahan bakar terhadap performa mesin pada sepeda motor matik 110cc.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh variasi sudut pengapian dan bahan bakar terhadap daya pada sepeda motor metic 110cc?; dan 2) Bagaimana pengaruh variasi sudut pengapian dan bahan bakar terhadap torsi pada sepeda motor metic 110cc?

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen factorial dengan pendekatan kuantitatif dari hasil data angka daya mesin dan torsi. Dengan mempersiapkan alat dan bahan semua akan diujikan dilaboratirium menggunakan dynamometer. Data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan Minitab versi 17 dalam melakukan uji Anova.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Variansi sudut derajat pengapian dan bahan bakar berpengaruh signifikan terhadap daya dan torsi mesin pada sepeda motor metic 110cc. Sudut derajat pengapian standar 18o dengan penggunaan bahan bakar pertamax memberikan sumbangan pengaruh sebesar 97.22% penikatan daya mesin dan sebesar 90.48% putaran torsi juga meningkat. Sehingga performan mesin terbaik saat setelah kondisi standar maju 3o dengan bahan bakar pertamax.

 

Kata Kunci: Variasi Derajat Pengapia,  Bahan Bakar, Performa, Sepeda Motor

Matik 110.


Keyword

Derajat Pengapian, Bahan Bakar, Peforma Mesin

Reference

Anfarozi, Kemal Faza. 2013. Analisa Variasi Hambatan Dan Tegangan Listrik Pada Koil Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah. Jember : Universitas Jember.

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Budiyono. 2000. Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta: FKIP UNS Press.

Daryanto. 2002. Teknik Reparasi dan Perawatan Sepeda Motor.  Jakarta : Bumi Aksara.

 

Farouk dan Tabah. 2013. Analisis Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertamax Dan Pertamax Plus Terhadap Performa Sepeda Motor Dengan Menggunakan Dinamometer Chassis. Momentum, Vol. 9, No. 2, Oktober 2013, Hal. 25-30. ISSN 0216-7395. Semarang: Universitas Wahid Hasyim Semarang.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade