ANALISIS PENGARUH VARIASI RASIO FINAL DRIVE TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION 2007
Author (Penulis)
MUHAMAD EFENDI PRISTANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.03.01.0018
Abstract
ABSTRAK
Muhamad Efendi Pristanto: Analisis Pengaruh Rasio Final Drive Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion 2007, Skripsi, Teknik Mesin, Fakultas Teknik UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dewasa ini dunia modifikasi sepeda motor sudah sangat familiar di mata kita. Upaya modifikasi tersebut tidak lain bertujuan untuk mendapatkan performa mesin di atas rata-rata standart. Ragam cara yang bisa dilakukan oleh modifikator salah satunya dengan memvariasikan rasio final drive agar memperoleh daya ataupun torsi yang diinginkan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan daya dan torsi sepeda motor Yamaha Vixion 2007 pada perlakuan variasi rasio final drive pada sprocket depan (13,14,15) dan sprocket belakang (40,42,44) di putaran mesin 3000 rpm, 5000 rpm dan 7000 rpm. Pengujian daya dan torsi ini menggunakan alat dynotest.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Uji hipotesis dilakukan dengan metode faktorial 3 faktor 3 level kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA pada aplikasi Minitab 16.
Hasil penelitian menunjukkan nilai daya terbesar yaitu pada final drive rasio (13-40) menghasilkan daya sebesar 16,4 hp, torsi maksimal didapat pada rasio (13-40) sebesar 29,33 kgm. Daya terrendah diperoleh dari penggunaan variasi final drive rasio (14-42) senilai 13,3 hp kemudian torsi terrendah diperoleh dari penggunaan variasi final drive rasio (15-42) senilai 27,4 kgm. Variasi rasio final drive tidak berpengaruh signifikan terhadap daya dan torsi.
Kata kunci: daya, torsi, putaran mesin, final drive.