Analisis Pengaruh Lokasi, Citra Merk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Koran Radar di Danang Agency Tulungagung
Author (Penulis)
CANDRA WAHYU ADININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0551P
Abstract
ANALISIS PENGARUH LOKASI, CITRA MERK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KORAN RADAR
DI DANANG AGENCY TULUNGAGUNG
Oleh
Candra Wahyu Adiningtyas
Fakultas Ekonomi – Program Studi Manajemen
candra.wahyu.a@gmail.com
Dr. Sri Aliami dan Dr. Subagyo M.M
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Dewasa ini persaingan di dalam teknologi informasi sangat pesat. Setiap perusahaan harus bisa menguasai pasar secara luas dan merata di setiap daerahnya, sehingga para pengusaha berusaha bersaing untuk memberikan informasi yang cepat, aktual dan dapat diperaya. Informasi sangat diperlukan oleh masyarakat luas untuk mengetahui keadaan lingkungan di sekitarnya, salah satu media yang bisa memberikan informasi kepada masyarakat adalah koran. Untuk itu banyak pengusaha yang berlomba – lomba untuk mendirikan agen penjualan koran. Untuk itu agar para pengusaha mampu berhasil dalam menjalankan usahanya mereka harus mengetahui factor-faktor pendukung uasaha nya yaitu Lokasi, Citra Merk, Harga, dan Promosi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh lokasi secara parsial terhadap keputusan minat beli koran Radar di Danang Agency?, 2) Bagaimana pengaruh citra merk secara parsial terhadap terhadap keputusan minat beli koran Radar di Danang Agency?, 3) Bagaimana pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan minat beli koran Radar di Danang Agency?, 4) Bagaimana pengaruh promosi terhadap keputusan minat beli koran Radar di Danang Agency ?, 5) Bagaimana pengaruh lokasi, citra merk, harga dan promosi secara simultan terhadap keputusan minat beli koran Radar di Danang Agency?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan koran Radar Tulungagung yang melakukan pembelian koran Radar di Danang Agency lebih dari satu kali. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 50 responden.
Berdasarkan pengujian secara simultan menunjukkan bahwa lokasi, citra merk, harga dan Promosi berpengaruh terhadap Minat beli koran rada di Danang Agency Tulungagung. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial, diperoleh hasil Lokasi, Citra Merk, Harga dan Promosi memiliki pengaruh terhadap Minat Beli kora Radar di Danang Agency Tulungagung. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square adalah 0.346, artinya variabel lokasi, citra merk, hraga dan promosi berpengaruh terhadap minat beli sebesar 34,6% Berarti masih ada variabel lain sebesar 65,4%% yang menjelaskan variabel Minat Beli akan tetapi variabel tersebut tidak diteliti dalam penelitian ini.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambahkan dimensi variabel promosi dan dapat menjelaskan variabel lain yang dapat mempengaruhi variabel Minat Beli.
Kata Kunci : Analisis Pengaruh Lokasi, Citra Merk, Harga, Promosi, Minat Beli.