pengaruh Harga, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada Mebel UD Duta Jati Tahun 2016)
Author (Penulis)
HARIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0538
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan bisnis mebel dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Pengaruh harga, desain produk dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk mebel ud duta jati”.Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan kepuasan pelanggan terhadap produk mebel di UD Duta Jati. Tujuan penelitian ini untukmenganalisis pengaruh masing-masing variabel yaitu harga (X1), desain produk (X2) dan kualitas produk (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y).
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuisioner terhadap 40 orang responden pengguna mebel UD Duta Jati dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik,uji hipotesis lewat uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi (R²). Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor harga, desain produk dan kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tiga variabel yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasan pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel harga, desain produk dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Harga, Desain Produk, Kualita Produk, Kepuasan Pelanggan.