PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AKI SECOND REKONDISI DI USAHA DAGANG SUNAR JAYA


Author (Penulis)

RIAN INDRA PERDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0531

Abstract

Abstrak

 

Rian Indra Perdana: Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Aki Second Rekondisi di Usaha Dagang SUNAR JAYA, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2017.

Kata kunci: keputusan pembelian, kualitas produk, harga, pelayanan.

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kualitas produk sangat berpengaruh bagi perusahaan karena konsumen menginginkan suatu produk yang berkualitas dan memiliki daya tahan yang baik. Selain kualitas produk yang baik, konsmen juga menginginkan harga yang ekonomis yang sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Untuk mendorong persaingan bisnis, banyak sekali pelayanan yang dikemas oleh suatu perusahaan menjadi satu kesatuan produk yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah kualitas produk, harga dan pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian aki second rekondisi di Usaha Dagang SUNAR JAYA? (2) Apakah kualitas produk, harga dan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian aki second rekondisi di Usaha Dagang SUNAR JAYA?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode accidental sampling. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 40 responden dari konsumen di Usaha Dagang SUNAR JAYA dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 20.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian aki second rekondisi di Usaha Dagang SUNAR JAYA , sedangkan harga dan pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Usaha Dagang SUNAR JAYA. (2) Kualitas produk, harga dan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian aki second rekondisi di Usaha Dagang SUNAR JAYA.

 

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, A. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Jakarta: FE Universitas Gunadarma.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Fure, H. 2013. Pengaruh Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

Hasan Ali, 2013. Marketing : kasus – kasus pilihan. CAPS ( Center for Academic Publishing Service ). Yogyakarta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (2) : 17-25.

Kotler, P dan G, Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Erlangga. Jakarta. Principle of Marketing. Edition 14. Pearson, Prentice Hall, New Jersey. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (11) : 6

Kotler, P. dan C. Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (3) : 4.

Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (3) : 3

Olsen dan Wyckoff. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia, Yoyakarta. Jurnal Emba, 4 (1) : 109-119.

Rumengan, A. 2015. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Andi. Jogjakarta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (3) : 6.

Schifman, L.G. dan L.L Kanuk. 2010. Customer Behaviour. Edisi 10. Prentice Hall New Jersey. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (3) : 4.

Solimun. (2010). Analisis Variabel Moderasi Dan Mediasi. Malang: Program Studi Statistika FMIPA-UB.

Sundalangi, M. 2014. Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal Emba, 2 (1) : 313-324.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ketujuh. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Statistika Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi pertama. cetakan ketiga. Yogyakarta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4 (12) : 2.

Tjiptono, F. 2011. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi. Yogyakarta. Service, Quality dan Satisfaction. CV Andi Offset. Yogyakarta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (3) : 4.

Ulus, A.A. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu pada PT. Astra Internasional Manado. Jurnal Emba, 1 (4).

Winardi. 2010. Kepemimpinan dan Manajemen. PT Rineka Cipta. Jakarta. Jurnal Emba, 1 (4) : 607-618.

 


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI