ANALISIS CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI COUNTER HP MASDA KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
RENI SOFIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0524
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung di Counter HP Masda Di Kabupaten Kediri baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Counter Masda yang pernah maupun sedang menggunakan smartphone merek Samsung. Sampel ditentukan dengan insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian yang dilakukan dengan regresi linier berganda diperoleh nilai F hitung 22,395 dengan tingkat signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan secara simultan Citra merek, kualitas produk, dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung di Kabupaten Kediri karena tingkat signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Melalui uji t (parsial) diketahui bahwa variabel kualitas produk mempunyai angka signifikansi sebesar 0,000 (< 0,005), menunjukkan bahwa kualitas produk paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian smartphone merek Samsung di Counter HP Masda Di Kabupaten Kediri. Serta variabel citra merek dengan nilai signifikansi 0,002 (< 0,005) dan variabel harga sebesar 0,004 (< 0,005) dalam mempengaruhi keputusan pembelian smartphone merek Samsung di Counter HP Masda Di Kabupaten Kediri.