PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SURYA INDAH BODY REPAIR & REPAINT KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
KHOIROTUS SHOLIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0504
Abstract
ABSTRAK
Khoirotus Sholikah. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surya Indah Body Repair & Repaint Kota Kediri.
Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2016.
Kata kunci: pengaruh kualitas pelayanan, persepsi, kepuasan dan loyalitas konsumen
Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan konsumen dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen. Persepsi merupakan suatu proses menginterpretasikan atau menafsir informasi yang diperoleh melalui sistem alat indera manusia. Kepuasan konsumen adalah suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui produk yang dikonsum. Loyalitas konsumen adalah komitmen konsumen bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Surya Indah Body Repair & Repaint. 2) Untuk menganalisis pengaruh persepsi terhadap loyalitas konsumen Surya Indah Body Repair & Repaint. 3) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Surya Indah Body Repair & Repaint. 4) Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi dan kepuasan konsumen secara simultan terhadap loyalitas konsumen Surya Indah Body Repair & Repaint.
Teknik penelitian ini adalah teknik regresi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen di Surya Indah Body Repair & Repaint. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, persepsi dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, didasarkan perolehan nilai Adj. R Square sebesar 58,3% dan sisanya sebesar 41,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen adalah variabel kepuasan dengan nilai koefisien sebesar 0,768.