Pengaruh Citra Merek, Persepsi Produk, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Shampoo Loreal Di Kalangan Remaja
Author (Penulis)
FRANCISCA INDAH KURNIA MANDAGI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0497
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia bisnis tingkat persaingan produk merupakan hal penting. Hal ini tentu menuntut perusahaan agar bisa meyakinkan konsumen pada produknya bahwa citra suatu merek, persepsi konsumen akan suatu merek, serta kepuasan yang timbul setelah merasakan atau membandingkan produk dengan produk lainnya dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh citra merek, persepsi dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan secara parsial dan untuk mengetahui pengaruh citra merek, persepsi dan kepuasan konsumen secara simultan terhadap loyalitas pelanggan
Dalam penelitian ini populasi bersifat finite. Populasinya adalah konsumen kalangan remaja shampoo Loreal di Desa Mojoroto. Sampel ditentukan sebanyak 30 responden.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang pertama kuesioner, teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket atau daftar pertanyaan kepada responden, yang kedua yaitu wawancara dengan cara proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara).
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) Citra Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) Persepsi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (3) Kepuasan Konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan (4) Citra Merek, Persepsi dan Kepuasan Konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk shampoo Loreal di kalangan remaja. Dari penjelasan di atas maka disarankan kepada perusahaan bahwa : produk shampoo Loreal harus tetap mempertahankan merek, persepsi dan kepuasaan dari para konsumennya dan bahkan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Hal ini diperlukan agar loyalitas pelanggan terhadap produk shampoo Loreal menjadi semakin besar sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.