PENGARUH KUALITAS PRODUK, SALURAN DISTRIBUSI, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA TAHUN 2013 – 2015 PT BINA SAN PRIMA CABANG KEDIRI


Author (Penulis)

AGNES CESAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0488

Abstract

Kata kunci: Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Promosi Penjualan, dan Keputusan Pembelian Latar belakang penulisan ini adalah menciptakan ketatnya persaingan dalam dunia usaha. Hal ini menuntut pihak distributor untuk lebih cermat, peka, dan kritis dalam menghadapi perkembangan perubahan yang ada, baik politik, sosial budaya dan ekonomi, sehingga suatu perusahaan dituntut agar dapat mencapai sukses dalam persaingan salah satunya berusaha untuk mencapai tujuan dan mempertahankan konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh variabel kualitas produk, saluran distribusi, dan promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan pembelian. (2) Pengaruh variabel kualitas produk, saluran distribusi, dan promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data yang pokok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 133 outlet, adapun sampel terpilih sebanyak 96 orang. Data yang terkumpul yang berasal dari data primer dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 17 (Statitical Program For Social Science). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Kualitas produk, saluran distribusi dan promosi penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Dari penjelasan di atas maka disarankan kepada perusahaan bahwa : (1) Semua variabel dari penelitian ini yaitu kualitas produk, saluran distribusi dan promosi penjualan berpengaruh signifikan. Hal ini menunjukkan sudah baiknya PT Bina San Prima cabang Kediri di mata outlet. Oleh karena itu di masa mendatang harus mempertahankan keberhasilan yang ada dan membuat sesuatu yang lebih inovatif dan profesional. (2) Untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tentang PT Bina San Prima cabang Kediri, diharapkan bisa menemukan variabel lain yang lebih bisa memberikan perhatian lebih karena ada 28,6% pengaruh dari luar variabel yang perlu diteliti, misalnya brand image, price, advertising.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI