PENGARUH KUALITAS, LOYALITAS, DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA PADA PT. MANDALA MULTIFINANCE KEDIRI


Author (Penulis)

BETTY ALFARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0485

Abstract

Kata kunci: Kualitas, Loyalitas, dan Asosiasi Merek Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa brand image (citra merek) dapat memberikan manfaat bagi konsumen maupun produsen, antara lain: akan membangun kualitas, loyalitas dan asosiasi akan mendorong bisnis berulang kembali. Disamping itu persaingan usaha dewasa ini telah di warnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang. Salah satunya adalah persaingan bisnis yang semakin ketat yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen di dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk, salah satu sektor bisnis yang sedang bersaing saat ini adalah bidang pemasaran sepeda motor. Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas, loyalitas, dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha pada PT. Mandala Multifinance Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas merek(X1), loyalitas merek (X2), dan asosiasi merek (X3), sedangkan variabel terikat adalah keputusan pembelian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisisan data menggunakanbantuan program SPSS for windows versi 17. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu variabel kualitas, loyalitas, dan asosiasi merek, yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas (harga, promosi, dan lokasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Dengan nilai koefisien sebesar 0.895, yang berarti variabel bebas mampu menjelaskan variasi perubahan variabel terikat sebesar 89.5% dan sisanya sebesar 10.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI