PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN LOMBOK IDJO CABANG KEDIRI TAHUN 2016
Author (Penulis)
AWAN HAMENGKU ENDRA SWONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0483
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi situasi bisnis yang sangat kompetitif di era modernisasi seperti saat ini para pebisnis mau atau tidak mau harus meningkatkan bisnisnya dengan lebih kreatif dan lebih inovatif agar bisnisnya tetap berjalan ditengah persaingan yang semakin ketat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Lombok Idjo cabang Kediri, mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Lombok Idjo cabang Kediri, mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Lombok Idjo cabang Kediri, dan mengetahui pengaruh antara kualitas produk, harga, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Lombok Idjo cabang Kediri.
Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel kualitas produk, harga, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan dan uji t untuk mengetahui pengaruh parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan dengan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,25. Secara parsial, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan dengan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara parsial, pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan dengan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara simultan, variabel kualitas produk, harga dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan dibuktikan nilai signifikansi sebesar 0,000.