PENGARUH MOTIVASI, KEPEMIMPINAN, DAN KREATIVITAS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH SENTRA KOI PADA PRANGGANG KOI FARM KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
ENI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0474
Abstract
Penelitian ini dilatabelakangi oleh perkembangan UKM di Indonesia yang semakin tahun semakin meningkat, namun dalam mempertahankan usaha di tengah persaingan yang semakin ketat ini, masih banyak UKM – UKM mengalami kegagalan dalam usahanya. Hal ini juga dialami oleh Sentra Koi Pranggang Koi Farm, banyak anggota yang mampu bertahan dan banyak pula yang mengalami kebangrutan. Oleh sebab itu perlu diteliti faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan suatu usaha agar mampu bertahan dan bersaing terutama dalam usaha pembudidayaan ikan hias (Koi) di daerah Pranggang Kecamatan Plosoklaten. Dalam penelitian ini dipilih tiga faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha, yaitu motivasi, kepemimpinan dan kreativitas. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh secara parsial motivasi, kepemimmpinan, kreativitas terhadap keberhasilan usaha? (2) Bagaimana pengaruh secara simultan motivasi, kepemimpinan, dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Pranggang Koi Farm yang terdiri dari 37 anggota. Sedangkan teknik sampling yang digunakan merupakan sampel jenuh, sehingga sampel penelitian terdiri dari 37 responden. Teknik pengujian data menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Dalam meggolah data penelitian menggunakan bantuan software SPSS versi 20. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) motivasi secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap keberhasilan usaha (2) kepemimpinan dan kreativitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha (3) motivasi, kepemimpinan dan kreativitas secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha.