PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAO INDONESIA (Study kasus di Top Swalayan)


Author (Penulis)

CHRIS KUKUH SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0466

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Konsumen yang berlaku sangat penting dalam pemutusan pembelian. Keputusan pembelian adalah pembentukan referensi dari beberapa alternatif sehingga terbentuk suatu maksud untuk membeli produk yang diinginkan. Masyarakat kini mulai berpikir selektif dan pandai dalam memilih suatu produk, sehingga mereka akan mendapatkan kegunaan atau manfaat yang mereka cari dari sebuah produk tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menurut karakteristiknya adalah penelitian deskriptif analisis. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pembeli produk Kao Indonesia (konsumen loyal) pada Top swalayan Pare. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratifed Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas.Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisisan data menggunakanbantuan program SPSS for windows versi 17. Berdasarkan analisis secara parsial (Uji t), menunjukkan bahwa semua variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti, semakin banyak lokasi yang porspek untuk memasarkan produk Kao kepada konsumen, maka akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk Kao. Sesuai dengan hasil (Uji F ) dapat diketahui bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan bersama-sama atau secara simultan antara kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk Kao Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu variabel kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan variabel bebas (harga, promosi, dan lokasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Nilai R Square sebesar 0,880 atau 88,0% dapat diartikan pula kualitas produk, harga, promosi dan lokasi mampu mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 88 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 12 %. Kata kunci: kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI