PENGARUH PELATIHAN, KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPTD PENDIDIKAN TK DAN SD KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ANDRI PRASTIA NOPIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0465

Abstract

ABSTRAK Andri Prastia Nopianto (12.1.02.02.0465) : Pengaruh Pelatihan, kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Tarokan. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Pelatihan, Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Kinerja Pegawai Pada dasarnya sumber daya manusia mempunyai peranan yang penting dalam setiap aspek kehidupan suatu organisasi. Oleh karena itu perlu memahi karekteristik para pegawai yang akan berperan dalam pencapain tujuan organisasi. Pencapaian tujuan organisasi dipengaruhi oleh pelatihan, kompensasi dan lingkungan kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan terhadap kinerja pegawai UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Tarokan?, 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi terhadap kinerja pegawai UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Tarokan?, 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Tarokan?, dan (4) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan, kompensasi, dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Tarokan?. Teori yang digunakan adalah manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan pelatihan, kompensasi dan lingkungan kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian langsung yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus (total sampling). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= -4,148 + 0,002 X1 + 0,831 X2 + 0,273 X3. Dengan menggunakan SPSS versi 20 diketahui bahwa hasil uji t variabel pelatihan diperoleh thitung sebesar -0,110,05 yang berarti pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Uji t variabel kompensasi diperoleh thitung sebesar 3,376>ttabelsebesar 1,705 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 yang berarti kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Uji t variabel lingkungan kerja diperoleh thitung sebesar 1,119 0,05 yang berarti lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Uji F diketahui sebesar 5,427>Ftabelsebesar 2,980 dengan signifikansi 0,005 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pelatihan, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R adalah sebesar 0,621. Sementara itu, diketahui nilai adjusted rsquare yang diperoleh sebesar 0,314. Hal ini berarti 31,4 % kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh variabel pelatihan, kompensasi dan lingkungan kerja. Sedangkan sisanya yaitu 68,6 % kinerja pegawai dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI