ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM ANTRIAN BENGKEL SEPEDA MOTOR (Studi Kasus : AHASS ARIES MOTOR KEDIRI)


Author (Penulis)

AMIEK YASOFA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0456

Abstract

Antrian yang panjang sering kali mengganggu konsumen yang akan mendapatkan pelayanan dan yang sedang dalam pelayanan. Hal ini menjadikan Ahass Aries Motor dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik serta efisien waktu untuk konsumen. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana sistem antrian yang ada di Ahass Aries Motor Kediri ? (2) apa sajakah kendala yang muncul sehingga antrian bertambah panjang? (3) Model antrian apa yang paling efektif yang harus diterapkan di Ahass Aries Motor Kediri? Metode pengumpulan data adalah dengan metode observasi. Subjek penelitian adalah permasalah pada banyakanya antrian servis. Objek penelitian adalah Ahass Aries Motor Kediri. Model yang digunakan untuk penelitian adalah Multi Channel – Single Phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jam tertentu yaitu dengan menggunakan 6 jalur fasilitas yang dibuka pada jam 08.00-09.00, 09.00-10.00, dan pada jam 12.00-13.00 antrian cukup panjang yaitu dengan jumlah antrian yang belum dilayani sebanyak 4,9 atau 5 pelanggan yang akan membutuhkan pelanggan dalam waktu 42 menit. Sedangankan apabila menggunakan 7 jalur fasilitas dimana menambahkan 1 jalur fasilitas yang dibuka pada jam tertentu diatas jumlah pelanggan dalam antrian yang belum dilayani sebanyak 1,18 atau 1 pelanggan dengan hanya membutuhkan waktu 10,15 menit. Kata Kunci : Antrian Panjang, Jalur Fasilitas, dan Efisien Waktu.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI