PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI BCA CELLULER KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

RIRIN WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0450P

Abstract

ABSTRAK RIIN WIJAYANTI : Pengaruh Harga, Kulitas Produk, dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di BCA Celluler Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun 2015. Kata kunci : harga, kualitas produk, perilaku konsumen, keputusan pembelian. Kebutuhan konsumen yang semakin beraneka ragam sehingga akan menimbulkan minat beli konsumen dan pada akhirnya mereka melakukan keputusan pembelian. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut diantaranya harga, kualitas produk, dan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan perilaku konsumen secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada BCA Celluler Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen BCA Celluler sebanyak 240 responden. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode insidental sampling sehingga menghasilkan 70 responden. Variabel bebas penelitian ini adalah harga (X1), kualitas produk (X2), perilaku konsumen (X3) dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisan data menggunakan program SPSS. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan variabel harga, kualitas produk, dan perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di BCA Celluler. Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel harga, kualitas produk dan perilaku konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan untuk BCA Celluler dalam meningkatkan keputusan pembelian lebih menitik beratkan pada harga, kualitas produk, dan perilaku konsumen. Dilihat dari kuesioner yang telah diisi oleh konsumen tersebut diperoleh data bahwa konsumen memiliki daya beli yang tinggi terhadap produk yang di jual di BCA Celluler. Sehingga dengan harga yang terjangkau, kualitas produk yang baik, serta perilaku konsumen yang baik akan dapat meningkatkan keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI