ANALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK VASELINE HAND AND BODY LOTION UNTUK MENINGKATKAN RETENSI PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2011)


Author (Penulis)

lara yulistyana
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0448P

Abstract

ABSTRAK LARA YULISTYANA: Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Vaseline Hand and Body Lition untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantasa PGRI Kediri Angkatan 2011). Kata kunci : nilai pelanggan, promosi, citra merek, keputusan pembelian, retensi pelanggan. Kondisi perekonomian suatu negara akan mengubah pola pikir masyarakat. Demikian pula yang terjadi di Indonesia, masyarakat menentukan sendiri barang dan jasa yang dikehendaki sesuai dengan kemampuan ekonomis yang dimilikinya sehingga para pengusaha sekarang berorientasi ke arah pasar konsumen artinya kondisi pasar ditangan konsumen. cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keputusan pembelian, diantaranya dengan nilai pelanggan, promosi, dan citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh nilai pelanggan, promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian untuk meningkatkan retensi pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel acak (random sampling) dengan menggunakan sampel jenuh sehingga menghasilkan 71 responden. Variabel bebas penelitian ini adalah nilai pelanggan (X1), promosi (X2), citra merek (X3) dan keputusan pembelian (Y1) sebagai variabel terikat dan retensi pelanggan (Y2) sebagai variabel intervening. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisan data menggunakan program SPSS. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan variabel nilai pelanggan, promosi, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel nilai pelanggan, promosi, dan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan untuk organisasi dalam meningkatkan keputusan pembelian lebih menitik beratkan pada nilai pelanggan, promosi, dan citra merek

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI