ANALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK VASELINE HAND AND BODY LOTION UNTUK MENINGKATKAN RETENSI PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2011)
Author (Penulis)
lara yulistyana
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0448P
Abstract
ABSTRAK
LARA YULISTYANA: Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Promosi, dan Citra
Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Vaseline Hand and Body
Lition untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Prodi
Manajemen Universitas Nusantasa PGRI Kediri Angkatan 2011).
Kata kunci : nilai pelanggan, promosi, citra merek, keputusan pembelian, retensi
pelanggan.
Kondisi perekonomian suatu negara akan mengubah pola pikir
masyarakat. Demikian pula yang terjadi di Indonesia, masyarakat menentukan
sendiri barang dan jasa yang dikehendaki sesuai dengan kemampuan ekonomis
yang dimilikinya sehingga para pengusaha sekarang berorientasi ke arah pasar
konsumen artinya kondisi pasar ditangan konsumen. cara yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan keputusan pembelian, diantaranya dengan nilai pelanggan,
promosi, dan citra merek.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh nilai
pelanggan, promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian untuk
meningkatkan retensi pelanggan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas
Ekonomi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif
dengan metode pengambilan sampel acak (random sampling) dengan
menggunakan sampel jenuh sehingga menghasilkan 71 responden. Variabel bebas
penelitian ini adalah nilai pelanggan (X1), promosi (X2), citra merek (X3) dan
keputusan pembelian (Y1) sebagai variabel terikat dan retensi pelanggan (Y2)
sebagai variabel intervening. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan
reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis
regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu
uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas.
Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F)
dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%.
Penganalisan data menggunakan program SPSS.
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan variabel nilai pelanggan,
promosi, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel nilai pelanggan,
promosi, dan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan untuk
organisasi dalam meningkatkan keputusan pembelian lebih menitik beratkan pada
nilai pelanggan, promosi, dan citra merek