PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA, DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KUALITAS KERJA GURU DI SMK PEMUDA PAPAR TAHUN 2016
Author (Penulis)
YULIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0446
Abstract
ABSTRAK
YULIANA: Pengaruh Gaya Kepemimoinan, Disiplin Kerja dan Semangat Kerja terhadap Kualitas Kerja Guru SMK PEMUDA PAPAR Kediri.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Semangat Kerja dan Kualitas Kerja.
Dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti makasetiapperusahaanatauorganisasidituntutuntukmempunyaiperhatianterhadapsegalasesuatu yang berkaitandengankebutuhanbawahan. Perusahaan atauorganisasiharuslahsedinimungkinmampumelihataspek gaya kepemimpinan disiplin kerja juga semangat kerja. secepatnyamengatasi dari apa yang sedangterjadi, karenabagaimanapunjuga perilaku manusia dalam hal ini sangat mempengaruhi usaha untukmencapaitujuanperusahaanatauorganisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah variabel gaya kepemimpinan, disiplin kerja dan semangat kerja berpengaruh terhadap kualitas kerja guru pada SMK Pemuda Papar Kediri, serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh secara dominan di antara tiga variabel gaya kepemimpinan (X1) disiplin kerja (X2) semangat kerja (X3) terhadap kualitas kerja guru (Y) pada SMK Pemuda Papar Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian langsung yaitu dengan cara kuesioner dan wawancara dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu observasi dan kuesioner dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner.Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif berupa regresi linier bergandadan diuji dengan menggunakan uji t dan uji F dengan software SPSS for windows versi 20.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara parsial / individu variabel gaya kepemimpinan, disiplin kerja, dan semangat kerja berpengaruh signifikan, secara simultan, variabel gaya kepemimpinan, disiplin kerja, dan semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas kerja guru di SMK Pemuda Papar Kediri dengan arah hubungan positif atau memiliki sifat hubungan searah.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan untuk melakukan penelitian lanjutan dalam waktu yang akan datang dengan memasukkan variabel diluar variabel yang sudah ada dalam penelitian ini.