Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Matahari Department Store Kediri


Author (Penulis)

YULIA ERIKA KRISTINAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0444

Abstract

ABSTRAK YULIA ERIKA KRISTINAWATI: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Matahari Department Store Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2016. Kata kunci :kualitas pelayanan, kualitas produk, promosi dan minat beli konsumen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sengitnya persaingan bisnis ritel dalam penjualan produk pakaian dan kosmetik oleh beberapa perusahaan ritel ternama di Indonesia. Menanggapi hal tersebut, salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yaitu Matahari Department Store Kediri yang menawarkan produk fashion apparel dan kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen di PT. Matahari Department Store Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di PT. Matahari Department Store Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode accindental sampling dengan menggunakan sampel multivariate (korelasi atau regresi) sehingga menghasilkan 40 responden. Variabel bebas penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), promosi (X3) dan minat beli (Y) sebagai variabel terikat. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistic secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5% dan uji statistic secara simultan (uji F). Penganalisis data menggunakan program SPSS. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli . Sedangkan hasil pengujian secara simultan menunjukkan variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada PT. Matahari Department Store Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan untuk meningkatkan pejualan maka lebih menitik beratkan pada variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi. Dilihat dari kuesioner yang telah diisi oleh responden tersebut diperoleh data bahwa konsumen akan melakukan pembelian apabila mereka memperoleh kepuasan. Sehingga dengan meningkatkan kualitas pelayanan dengan baik, menajaga kualitas produk dan melakukan promosi pengenalan produk baru kepada konsumen akan dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian ulang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-04

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI