PENGARUH STORE ATMOSPHERE, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SWALAYAN SIDODADI WATES KEDIRI
Author (Penulis)
TUTIK RATNANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0442
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, lokasi, dan harga baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Swalayan Sidodadi. Dilatarbelakangi bahwa Ketatnya persaingan yang terjadi saat ini menuntut peritel untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Peritel harus mampu mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan minat beli konsumen dan hal yang harus diperhatikan untuk mendorong majunya bisnis ritel antara lain adalah store atmosphere (suasana toko) yang nyaman, lokasi toko yang strategis dan harga yang tepat.
Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Swalayan Sidodadi yang pernah melakukan pembelian di Swalayan Sidodadi pada bulan Juni. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu penentuan responden dari populasi dengan kriteria yang telah ditentukan. Uji validitas instrumen menggunakan perbandingan r hitung dan r tabel, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Sidodadi Wates. Hal ini berarti semakin nyaman store atmosphere dalam toko, maka akan meningkatkan keputusan pembelian. (2) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Sidodadi Wates. Hal ini berarti semakin strategis lokasi toko, maka akan meningkatkan keputusan pembelian. (3) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Sidodadi Wates. Hal ini berarti semakin terjangkaunya harga suatu produk, maka akan meningkatkan keputusan pembelian. (4) Store atmosphere, lokasi, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Sidodadi Wates. Hal ini berarti store atmosphere, lokasi, dan harga secara bersama-sama atau slimutan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : store atmosphere, lokasi, harga, keputusan pembelian