PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN AIR MINERAL MEREK AQUA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri Pada Tahun 2015)


Author (Penulis)

SEPTIYAN ADI PUTRO N.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0439

Abstract

ABSTRAK Pada era modern ini sangat sulit mendapatkan air bersih sedangkan kebutuhan air bersih siap minum menjadi sesuatu yang begitu penting. Salah satu cara untuk mengatasi masalah perolehan air bersih, aman dan sehat adalah melalui produksi minuman air mineral dalam kemasan. AQUA adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar dan menjadi pelopor industri air minum di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Air Mineral Merek AQUA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri Pada Tahun 2015). Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga serta variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian Minuman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri sebanyak 2424 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling. Skala pengukurannya menggunakan skala Likert. Pada analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji regresi linier berganda dengan program aplikasi SPSS Versi 21. Hasil pengujian dengan SPSS diperoleh untuk variabel Citra Merek dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Keptusan pembelian. Citra Merek (X1) dengan nilai signifikansi sebesar 0,003; variabel Kualitas Produk (X3) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; sedangkan variabel Persepsi Harga (X2) tidak berpenaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian menggunakan Uji f variabel Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian diperoleh signifikansi sebesar 0,240. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan input bagi manajemen khususnya mengenai pengaruh citra produk, dan kualitas produk yang memberikan pengaruh Keputusan Pembelian. Sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi dan bahan perbandingan bagi pihak manajemen dalam meningkatkan Keputusan Pembelian konsumen. Kata kunci : Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI