PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN AIR MINERAL MEREK AQUA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri Pada Tahun 2015)
Author (Penulis)
SEPTIYAN ADI PUTRO N.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0439
Abstract
ABSTRAK
Pada era modern ini sangat sulit mendapatkan air bersih sedangkan kebutuhan air bersih siap
minum menjadi sesuatu yang begitu penting. Salah satu cara untuk mengatasi masalah perolehan air
bersih, aman dan sehat adalah melalui produksi minuman air mineral dalam kemasan. AQUA adalah
merek AMDK dengan penjualan terbesar dan menjadi pelopor industri air minum di Indonesia.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi
Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Air Mineral Merek AQUA (Studi Kasus Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri Pada Tahun 2015). Variabel penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari Citra Merek, Kualitas Produk,
dan Persepsi Harga serta variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian Minuman.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI
Kediri sebanyak 2424 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden.Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling. Skala pengukurannya
menggunakan skala Likert. Pada analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji regresi
linier berganda dengan program aplikasi SPSS Versi 21.
Hasil pengujian dengan SPSS diperoleh untuk variabel Citra Merek dan Kualitas Produk
berpengaruh signifikan terhadap Keptusan pembelian. Citra Merek (X1) dengan nilai signifikansi
sebesar 0,003; variabel Kualitas Produk (X3) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; sedangkan
variabel Persepsi Harga (X2) tidak berpenaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000. Hasil penelitian menggunakan Uji f variabel Citra Merek, Kualitas Produk, dan
Persepsi Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian diperoleh signifikansi sebesar 0,240.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan input bagi manajemen khususnya mengenai
pengaruh citra produk, dan kualitas produk yang memberikan pengaruh Keputusan Pembelian.
Sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi dan bahan perbandingan
bagi pihak manajemen dalam meningkatkan Keputusan Pembelian konsumen.
Kata kunci : Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian