PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA WISMA RIAS DWI BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
YOHANA BETTY SUNTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0434
Abstract
Abstrak
Yohana Betty Suntika : Pengaruh Kualitas Produk, harga, dan Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Wisma Rias Dwi Banyakan Kab.Kediri.
Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2016
Kata kunci : kualitas produk, harga, pelayanan, loyalitas konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengruh kualitas produk, harga, dan pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen pengguna Wisma Rias Dwi Banyakan.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Wisma Rias Dwi Banyakan yang pernah melakukan pembelian di Wisma Rias Dwi Banyakan, sampel yang diambil sebanyak 50 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu penentuan responden dari populasi dengan kriteria yang telah ditentukan. Uji validitas instrumen menggunakan perbandingan r hitung dan r table, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Scatterplot. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.. (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. (3) Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.(4) Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan secara simultan berpengaruh positif terhadap Loyalitas konsumen.
Diharapkan dengan adanya penelitian ini, Wisma Rias terus melakukan dan meningkatkan inovasi terhadap perusahaanya. Seperti Kualitas Produk yang lengkap, Harga yang terjangkau dan Pelayanan yang ramah sesuai kemampuan dan daya beli konsumen sehingga dapat mempengaruhi Loyalitas Konsumen dan meningkatkan jumlah konsumen pada Wisma Rias..
Kualitas produk yang baik, Harga yang sesuai, dan Pelayanan yang ramah merupakan elemen yang memberikan pengaruh signifikan demi tercapainya Loyalitas konsumen.