PENGARUH PRODUK, PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN AMANAH TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
TRIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0433
Abstract
ABSTRAK
Penelitian dengan judul “Pengaruh Produk, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian” ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling mempengaruhi dalam keputusan pembelian yaitu, kualitas produk, harga, lokasi dan kualitas pelayanan dalam memutuskan pembelian di swalayan Amanah Tulungagung dan menganalisis faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui diantara variabel produk, pelayanan, dan lokasi mana yang paling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelititan ini bekerja dengan menggambarkan aspek kuantitatif dengan cara menyusun sejumlah kuesioner, kemudian akan di klarifikasinakan atau diwujudkan berupa angka-angka. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability sampling, dengan jumlah sampel mengambil 40 responden pembeli di swalayan Amanah. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik pada taraf signifikasi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20.
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. ini berarti semakin baik dan lengkap barang yang ditawarkan menjadi Swalayan Amanah Tulungagung semakin tinggi keinginan konsumen dalam keputusan pembelian. (2) Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini berarti semakin baik pelayanan yang dilakukan oleh karyawan, menjadi peningkatan keputusan pembelian pada Swalayan Amanah Tulungagung. (3) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini berarti semakin terjangkaunya lokasi swalayan menjadikan peningkatan konsumen dalam keputusan pembelian di Swalayan Amanah Tulungagung.
(4) Produk, pelayanan, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini berarti produk, pelayanan, dan lokasi secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : produk, pelayanan, lokasi, keputusan pembelian
?