PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT GENERIK DI APOTEK SAIYO FARMA JOMBANG
Author (Penulis)
TRI MEY MUSTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0427
Abstract
ABSTRAK
Penelitian dengan judul “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Obat Generik di Apotek SAIYO FARMA Jombang” ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling mempengaruhi dalam keputusan pembelian yaitu, produk, harga, promosi dan lokasi dalam memutuskan pembelian di Apotek Saiyo Farma Jombang dan menganalisis faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui diantara variabel Produk, harga, promosi, dan lokasi mana yang paling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelititan ini bekerja dengan menggambarkan aspek kuantitatif dengan cara menyusun sejumlah kuesioner, kemudian akan di klarifikasikan atau diwujudkan berupa angka-angka. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability sampling, dengan jumlah sampel mengambil 50 responden pembeli di Apotek Saiyo Farma Jombang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik pada taraf signifikasi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20. Dari hasil analisi data menggunakan regresi linier berganda diperoleh persamaan : Y = 2,130 + 0,248 X1 + 0,215 X2 +0,993 X3 + 0,835 X4 + e. Diketahui bahwa nilai konstanta sebesar 2,638 berarti bahwa jika variabel Produk, harga, promosi, dan lokasi sama dengan nol, maka pengambilan keputusan pembelian konsumen sebesar 0,248. Nilai koefisien beta pada variabel produk sebesar 0,248 yang berarti bahwa setiap perubahan pada variabel produk (X1) sebesar satu satuan akan mengakibatkan perubahan keputusan pembelian konsumen sebesar 0,215 satuan. Nilai koefisien beta pada variabel harga sebesar 0,215 berarti bahwa setiap perubahan pada variabel pelayanan (X2) sebesar satu satuan akan mengakibatkan perubahan keputusan pembelian konsumen sebesar 0,215 satuan. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
KATA KUNCI : produk, harga, promosi, lokasi, dan keputusan pembelian.