ANALISIS PENGARUH PERUKLANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN PENJUALAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SIMCARD TELKOMSEL MERK SIMPATI DI DESA SANAN KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK
Author (Penulis)
YOGI ADHITIA SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0423
Abstract
ABSTRAK
PT. Telkomsel atau dikenal dengan sebutan Telkomsel merupakan salah satu perusahaan
operator telekomunikasi seluler tertua dan terbesa di Indonesia yang memfokuskan pada penyediaan
sarana komunikasi berbasis teknologi satelit. Telkomsel juga merupakan operator telekomunikasi
seluler GSM pertama di Indonesia dengan layanan prabayar. Salah satunya di bidang telekomunikasi
dalam hal persaingan antar perusahaan telekomunikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh periklanan, promosi penjualan dan
penjualan pribadi terhadap keputusan pembelian simcard Simpati merk Telkomsel di desa Sanan
kecamatan Pace kabupaten Nganjuk.
Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah konsumen yang telah melakukan pembelian
simcard Telkomsel merk Simpati di desa Sanan kecamatan Pace kabupaten Nganjuk tahun 2016.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel
purposive sampling yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling menghasilkan 50
responden. Variabel bebas penelitian ini adalah Periklanan, Promosi Penjualan , penjualan Pribadi, dan
Keputusan Pembelian sebagai variabel terikat. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan
reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan
mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi
dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji
F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisan data
menggunakan program SPSS.
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan semua variabel analisis pengaruh Periklanan,
Promosi Penjualan dan penjualan Pribadi secara simultan dan parsial terhadap keputusan Pembelian
simcard Telkomsel merk Simpati di desa Sanan kecamatan Pace kabupaten Nganjuk tahun 2016.
Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel Periklanan, Promosi Penjualan, dan
Penjualan Pribadi memberikan pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian.
Berdasarkan kesimpulan, maka penulis menyarankan bagi perusahaan dalam meningkatkan
periklanan dan promosi penjualan yang baik dan program bonus dengan melakukan evaluasi secara
terus menerus serta memperhatikan keinginan konsumen yang selalu berubah.
Kata kunci : Periklanan, Promosi penjualan, Penjualan Pribadi dan Keputusan Pembelian