ANALISIS PENGARUH PERUKLANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN PENJUALAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SIMCARD TELKOMSEL MERK SIMPATI DI DESA SANAN KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

YOGI ADHITIA SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0423

Abstract

ABSTRAK PT. Telkomsel atau dikenal dengan sebutan Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler tertua dan terbesa di Indonesia yang memfokuskan pada penyediaan sarana komunikasi berbasis teknologi satelit. Telkomsel juga merupakan operator telekomunikasi seluler GSM pertama di Indonesia dengan layanan prabayar. Salah satunya di bidang telekomunikasi dalam hal persaingan antar perusahaan telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh periklanan, promosi penjualan dan penjualan pribadi terhadap keputusan pembelian simcard Simpati merk Telkomsel di desa Sanan kecamatan Pace kabupaten Nganjuk. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah konsumen yang telah melakukan pembelian simcard Telkomsel merk Simpati di desa Sanan kecamatan Pace kabupaten Nganjuk tahun 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel purposive sampling yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling menghasilkan 50 responden. Variabel bebas penelitian ini adalah Periklanan, Promosi Penjualan , penjualan Pribadi, dan Keputusan Pembelian sebagai variabel terikat. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisan data menggunakan program SPSS. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan semua variabel analisis pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan dan penjualan Pribadi secara simultan dan parsial terhadap keputusan Pembelian simcard Telkomsel merk Simpati di desa Sanan kecamatan Pace kabupaten Nganjuk tahun 2016. Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel Periklanan, Promosi Penjualan, dan Penjualan Pribadi memberikan pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan kesimpulan, maka penulis menyarankan bagi perusahaan dalam meningkatkan periklanan dan promosi penjualan yang baik dan program bonus dengan melakukan evaluasi secara terus menerus serta memperhatikan keinginan konsumen yang selalu berubah. Kata kunci : Periklanan, Promosi penjualan, Penjualan Pribadi dan Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI