PENGARUH LOKASI, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH MAKAN KAYU MANIS KEDIRI


Author (Penulis)

SEPTI NERINDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0422

Abstract

ABSTRAK Dari waktu kewaktu bisnis di bidang makanan mempunyai kecenderungan terus meningkat pula terutama di Indonesia, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Faktanya didasarkan pada kenyataan bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Hal ini sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran. Oleh karena itu, bisnis dibidang makanan juga selalu berkembang dari waktu-kewaktu. Bisnis makanan dan minuman memang begitu menarik untuk ditelaah dan digeluti. Beberapa alasan yang menjadikan bisnis tersebut menjadi sangat menarik antara lain disamping profit margin yang cukup besar dan sangat menjanjikan, juga pasarnya yang begitu luas. Namun, Semakin banyaknya bisnis makanan yang berkembang, kususnya bisnis restoran, tidak semuanya mampu bertahan lama. Sebagian besar bisnis tersebut jatuh atau bangkrut karena beberapa faktor, antara lain faktor manajemen yang masih sederhana, kekurangan modal usaha dan hilangnya konsumen untuk mencari alternatif produsen lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lokasi, fasilitas dan pelayanan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan rumah makan kayu manis Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel purposive sampling yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling menghasilkan 50 responden. Variabel bebas penelitian ini adalah lokasi (X1), fasilitas (X2), pelayanan (X3) dan kepuasan pelanggan (Y) sebagai variabel terikat. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisan data menggunakan program SPSS. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan semua variabel berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan rumah makan kayu Kediri. Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel lokasi, fasilitas dan pelayanan memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelangggan. Berdasarkan kesimpulan, maka penulis menyarankan bagi perusahaan dalam meningkatkan perkembangan usaha dengan melakukan evaluasi secara terus menerus serta memperhatikan keinginan konsumen yang selalu berubah. KATA KUNCI : Lokasi, Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI