PENGARUH MOTIVASI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA (Studi pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Kota Kediri)
Author (Penulis)
YOULANDA SONNYA MARTYUS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0405
Abstract
Youlanda Sonnya Martyus. NPM. 12.1.02.02.0405. Pengaruh Motivasi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Fakultas Ekonomi Manajemen UN PGRI Kediri Tahun 2016.
Kata kunci: motivasi, sikap konsumen, dan keputusan pembelian
Penelitian ini dilatarbelakangi salah satu bisnis otomotif yang sedang berkembang pesat adalah sarana transportasi yaitu sepeda motor. Pada zaman sekarang ini bagi sebagian orang, sepeda motor menjadi kebutuhan utama, selain karena fungsinya serta harga yang terjangkau dan mudah perawatannya. Saat ini banyak sekali bermunculan merek sepeda motor dengan berbagai model, desain, dengan kualitas yang bagus dan harga yang cukup bersaing.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh motivasi konsumen dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda.
Teknik penelitian ini adalah teknik regresi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen sepeda motor Honda. Sampel pada penelitian ini adalah sejumlah 100 orang. Data diperoleh dengan menyebar angket dan data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan alat bantu SPSS 21.0.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah motivasi konsumen dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Hasil penelitian ini disarankan bagi pihak perusahaan lebih menarik konsumen dengan memberikan motivasi serta sikap dengan lebih akurat sehingga konsumen akan semakin tertarik kepada sepeda motor Honda karena dengan segala kelebihan-kelebihan serta variasi baru yang dapat dikembangkan bagi perusahaan guna menarik konsumen untuk melakukan pembelian sepeda motor Honda.