PENGARUH KREATIVITAS, INOVASI DAN MEDIA PROMOSI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA WARUNG KOPI FREE WIFI DI KECAMATAN WATES


Author (Penulis)

PUJI MUSTOFA ARIFUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0401

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam mencapai keberhasilan usaha perlu adanya strategi dalam memaksimalkan segala potensi yang ada. Untuk dapat mencapai suatu keberhasilan, wirausaha harus memiliki kreativitas tinggi agar mampu menciptakan inovasi baru terhadap usaha yang dijalankan, serta mampu mengenalkan produk atau usaha kepada konsumen, terlebih lagi saat ini banyak sekali kompetitor yang harus diperhatikan. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh antara kreativitas terhadap keberhasilan usaha warung kopi free wifi di Kecamatan Wates? (2) Apakah ada pengaruh antara inovasi terhadap keberhasilan usaha warung kopi free wifi di Kecamatan Wates? (3) Apakah ada pengaruh antara media promosi terhadap keberhasilan usaha warung kopi free wifi di Kecamatan Wates? (4) Apakah ada pengaruh antara kreativitas, inovasi dan media promosi secara simultan terhadap keberhasilan usaha warung kopi free wifi di Kecamatan Wates?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data pembagian kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 17 responden warung kopi free wifi di Kecamatan Wates. Analisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 20. Berdasarkan hasil penelitian uji parsial diperoleh : (1) Hasil uji t diperoleh thitung 3,418 dengan signifikansi 0,005 yang berarti kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. (2) Hasil uji t diperoleh thitung 7,740 dengan signifikansi 0,000 yang berarti inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. (3) Hasil uji t media diperoleh thitung -0,586 dengan signifikansi 0,568 yang berarti media promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha. (4) Sedangkan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 50,840 dengan signifikansi 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, dengan demikian diperoleh hasil yang menyatakan bahwa kreativitas, inovasi dan media promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Kata Kunci : Kreativitas, Inovasi, Media Promosi, Keberhasilan Usaha

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI