DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO DITINJAU DARI IKLAN, KUALITAS PRODUK, DAN WORD OF MOUTH (WOM) DI KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

MOHAMMAD KOWIYUDIN DJAMIL
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0378

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena semakin berkembangnya kebutuhan dan aktivitas manusia menuntut adanya kebutuhan pada alat transportasi. Dari berbagai jenis alat transportasi, sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh manusia. Penggunaan sepeda motor ini tentunya untuk menunjang aktivitas manusia sehari-hari.

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis: (1) Determinan keputusan pembelian motor Honda Vario ditinjau dari iklan di Kabupaten Tulungagung. (2) Determinan keputusan pembelian motor Honda Vario ditinjau dari kualitas produk di Kabupaten Tulungagung. (3) Determinan keputusan pembelian motor Honda Vario ditinjau dari word of mouth (WoM) di Kabupaten Tulungagung. (4) Determinan keputusan pembelian motor Honda Vario ditinjau dari iklan, kualitas produk dan word of mouth (wom) di Kabupaten Tulungagung uk.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan kausalitas. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 40 responden menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara iklan terhadap keputusan pembelian Motor Honda Vario di Kabupaten Tulungagung. (2) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian Motor Honda Vario di Kabupaten Tulungagung. (3) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara word of mouth (wom) terhadap keputusan pembelian Motor Honda Vario di Kabupaten Tulungagung. (4) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara iklan, kualitas produk dan word of mouth (wom) terhadap keputusan pembelian Motor Honda Vario di Kabupaten Tulungagung.


Keyword

Iklan, Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Keputusan Pembelian

Reference

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Fauji, Lutfi. 2011. Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Kinerja Perawat. Bandung: Jurnal Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen. Yogyakarta: BFE.

HasanAli2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hollensen, Svend. 2010. Marketing Management a Relationship Approach. London. Prentice Hall. (e-book).

HughesMark2007. Buzzmarketing. Jakarta: PT Elex Media Computindo.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks.

         , Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

         , Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

         , Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

         , Philip dan Gary Armstrong. 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

         , Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta : PT.Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Morissan, MA2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moriarty, Sandra, Nancy MitchellWilliam Wells. 2011. Advertising. Edisi ke 8. Jakarta: Kencana.

Musman, Asti dan Sugeng WA. 2011. Marketing Media Penyiaran Bukan Sekedar Jual Kecap. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Notoatmojo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rizka Alpita. 2015. Pengaruh word of mouth dan customer community terhadap Keputusan pembelian sepeda motor yamaha vixion di bangkinang Kota. JOM FISIP Vol. 2 No. 2 – Oktober 2015.

Rori, Brilian dkk. 2015. Analisis branding strategy, servicescape dan personal selling terhadap Keputusan pembelian pada dealer yamaha airmadidi. Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni 2015, Hal. 1-11.

Rosiana, Tri. 2012. Bauran Pemasaran. Edisi 12 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Saputro, Aris Kuncoro. 2016. Pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda beat.

Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Sernovitz, Andy. 2006. Word of Mouth Marketing : How Smart Companies Get, People Talking. Chicago: Kaplan Publishing.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

             . 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

             . 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

             . 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Suharno2010. Marketing in Practice. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarsono, Sony. 2003. Manajemen Koperasi: Teori Dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center of Academy Publishing Service).

Tahir, M. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas. Muhammadiyah makassar.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: CV Andi Offset.

            , Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.

            , Fandy dan Gregorius Chandra. 2015. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset.

            , Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. edisi ke-1. Yogyakarta: CV Andi Offset.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Tulungagung. Diakses 27 Desember 2018

Kompas.com (warungasep.net). diakses tanggal 9 mei 2018.

Motorbloginfo.wordpress.com. diakses tanggal 9 mei 2018.


PUBLISHED

2019-02-06

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade