PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN AQUA PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Author (Penulis)
RORO WILUJENG ASRINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0375
Abstract
terhadap kepuasaan dan loyalitas pelanggan. Kepuasaan pelanggan itu sendiri muncul imbas dari kualitas produk, produk yang mempunyai kualitas yang baik dianggap mampu dalam memenuhi harapan pelanggan, selain itu kepuasan pelanggan adalah imbas dari pelanggan yang puas terhadap suatu produk.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pada kualitas produk terhadap kepuasaan pelanggan AQUA pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri? (2) Adakah pengaruh pada kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan AQUA pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri? (3) Adakah pengaruh pada kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasaan pelanggan AQUA pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 50 responden yang mengkonsumsi AQUA dan yang pernah mengkonsumsi AQUA dan dianalisa menggunakan software Smart Partial Least Square (SmartPLS) versi 2.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas produk berpengaruh pada kepuasan pelanggan AQUA pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. (2) Kualitas produk berpengaruh pada loyalitas pelanggan AQUA pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. (3) Kualitas produk berpengaruh pada terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan AQUA pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan