PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MERK SAMSUNG (STUDI PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN ANGKATAN 2013) UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

RENALDY PANDU WIGUNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0374

Abstract

 

ABSTRAK

 

Renaldy Pandu Wiguna: Pengaruh Desain Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merk Samsung Pada Mahasiswa FE Manajemen Angkatan 2013 Universitas Nusantara PGRI Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2017.

 

Di zaman serba canggih seperti saat ini, dunia bisnis mengalami perkembangan yang begitu pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Efek dari perkembangan teknologi memberikan tantangan baru bagi perusahaan dalam mengembangkan diri. Variabel desain produk, harga, dan promosi diharapkan menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian agar tercapai tujuan dari perusahaan tersebut. 

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) Pengaruh variabel desain produk pada keputusan pembelian handphone Samsung pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2013. (2) Pengaruh variabel harga pada keputusan pembelian handphone Samsung pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2013. (3) Pengaruh variabel promosi pada keputusan pembelian handphone Samsung pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2013.

Penelitian ini menggunakan penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data yang pokok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 447 orang, dengan sampel yang terpilih sebanyak 82 dengan menggunakan teknik rumus slovin dalam pengambilan sampel. Data yang terkumpul berasal dari data primer dianalisis secara deskriptif dan  analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Program for Social Science.

            Berdasarkan penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa : (1) variabel desain produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Samsung  pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2013. (2) variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Samsung  pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2013. (3) variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Samsung  pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2013. Secara keseluruhan atau simultan desain prosuk, harga, dan promosi signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga dapat dijelaskan penerapan desain produk, harga dan promosi oleh perusahaan Samsung dilakukan dengan baik maka keputusan pembelian akan dicapai sesuai harapan yang diinginkan

KATA KUNCI  : Desain produk, harga, promosi


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

A. BUKU

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.(Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

 

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga

 

Kotler, Philip. 2012. Marketing Management. Prantice Hall, New Jersey

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2005. Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia. 

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid1.Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1.Edisi 13.Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

 

Lamb, Charles W., Hair, Joseph F., and MrDaniel, Carl. 2001. Pemasaran, Alih Bahasa David Octavaria. Jakarta: Salemba Empat

 

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat

 

Nugroho, J. Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran). Yogyakarta : Andi

 

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

 

Swastha, Basu. 2002. Azas-Azas Pemasaran. Yogyakarta : Liberty.

 

Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

 

Tedjo N, Reksoatmodjo. 2007. Statistika untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.

 

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset. Yogyakarta .

 

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran Edisi II. Yogyakarta : Andi Offset.

 

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta : Andi Offset.

 

Tjiptono, Fandy and Gregorius Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta : Andi Offset.

 

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi Offset

 

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pusaka Utama

 

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.

 

Pradana, Ilham. 2013. Analisis pengaruh harga, kualitas, desain produk dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil Toyota (studi pada pengguna mobil Toyota Avanza di Kota Semarang). Semarang : Skripsi (tidak dipublikasikan)

 

Asshiddieqi, Saddam. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Crooz Di Distro Ultraa Store Semarang). Semarang : Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

 

Hariadi, Doni. 2012. Pengaruh Produk, Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision. Skripsi (tidak dipublikasikan)

 

Ghanimata, Arya. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bandeng Elrina Semarang. Semarang : Jurnal UIN Walisongo, Semarang

 

 Fristiana. 2012. Pengaruh desain produk dan harga terhadap keputusanPembelian pada ramai swalayan peterongan Semarang. Semarang: Jurnal Fakultas Ekonomi UIN Walisongo, Semarang

 

Susanto. 2013.   Pengaruh harga, produk, promosi dan saluranDistribusi terhadap keputusan pembelian konsumenPengguna laptop merk hp di kota Semarang. Semarang : Jurnal UDINUS Semarang

 

Wahyuni. 2014. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap KeputusanPembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat. Surabaya : Jurnal (tidak dipublikasikan)

 

Sarini Kodu. 2014 Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza : Jurnal (tidak dipublikasikan)

 

 

 


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI