PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CAFE KUNO KINI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RIZQY ANA MAHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0372

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan yang semakin ketat di bidang kuliner. Terutama bisnis cafe. Setiap hari selalu saja ada orang baru yang terjun kedalam bisnis tersebut. Oleh karena itu, apabila seorang pengusaha ingin bertahan, dia harus memperhatikan dengan benar tentang aspek apa saja yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Beberapa aspek yang dimaksud diantaranya adalah harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada cafe kuno kini kota kediri? (2) Apakah kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada cafe kuno kini kota kediri? (3) Apakah kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada cafe kuno kini kota kediri? (4) Apakah harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada cafe kuno kini kota kediri? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan kriterianya adalah konsumen cafe Kuno Kini yang melakukan pembelian berulang dalam waktu 1 bulan yaitu bulan Maret-April 2016 dan ikut berpartisipasi dalam melakukan pemasaran yaitu dengan merekomendasi cafe kuno kini ke orang lain, hal tersebut diketahui setelah wawancara dilakukan. Sampel penelitian ini meliputi 40 pelanggan dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu statistik yakni SPSS versi 20,0 . Kesimpulan penelitian ini adalah , didapatkan persaamaan regresi linier berganda sebagai berikut :Y = -8,829 + 0,416 X1 + 0,610 X2 + 0,490 X3 dan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 28,571 dengan tingkat signifikansi 0,000, sehingga harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada cafe kuno kini kota kediri. Pada hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di cafe kuno kini kota kediri. Adapun urutan besarnya pengaruh terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel harga sebesar 3,458 , kualitas produk sebesar 5,495 , dan kualitas pelayanan sebesar 4,385. Kata kunci: harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI